Cara Menghindari Kegemukan Pada Balita

Cara Menghindari Kegemukan Pada BalitaCara Menghindari Kegemukan Pada Balita. Pada umumnya ibu-ibu selalu memberi makan yang banyak pada anak mereka, agar si anak kenyang.

Tetapi, jika Anda mengurangi kalori di pertama si kecil maka bisa menghambat pertumbuhan fisik dan perkembangan otak mereka.

Apakah Anda sebagai ibu khawatir akan kegemukan pada bayi Anda? Jika iya, sebaiknya Anda tidak perlu khawatir setelah menyimak beberapa cara di bawah ini. Dilansir dari beberapa sumber, ini tips agar si kecil tumbuh sehat dan tidak mengalami kegemukan:

Mengetahui Tanda-tanda Kenyang

Jika si bayi sudah kenyang biasanya mereka akan menunjukkan tanda-tanda menutup ke dua matanya atau melepas puting si ibu saat menyusui bahkan meludahkan makanan dari dalam mulutnya.

Saat Anda melihat si bayi sudah menunjukkan tanda-tanda seperti ini, jangan terus memaksa mereka untuk makanan atau minum ASI.

Hindari Menggunakan Makanan untuk Menenangkan Bayi

Saat si bayi menangis karena lapar, Anda sebagai ibu wajib memberi ASI. Namun saat usia si bayi sudah bertambah, Anda jangan makan setiap kali mereka. Lebih baik Anda memberi makan si bayi secara teratur untuk menjaga berat badannya.

Mulai Membiasakan Makanan Padat

Seperti yang Anda ketahui bahwa di tahun pertama si bayi lebih banyak mengonsumsi ASI atau susu formula. Tetapi sejak usia mereka menginjak 6 bulan, si bayi bisa diberikan makanan yang agak padat seperti bubur. Tujuannya agar si bayi nantinya terbiasa mengkonsumsi makanan padat.

Mengingat Berat Lahir Si Bayi Anda

Tanamkan sebuah barometer pada pikiran Anda untuk mengingat berat si bayi saat lahir. Saat usia si bayi menginjak 4 bulan, maka berat badan si bayi yang ideal adalah 2x beratnya saat lahir. Namun, jika berat badan si bayi lebih dari 2x beratnya saat lahir, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anakuntuk menghindari obesitas.