Cara Merawat Rambut Saat Hamil

Cara Merawat Rambut Saat HamilCara Merawat Rambut Saat Hamil. Masalah rambut seperti rontok sering dikeluhkan oleh ibu-ibu hamil.

Mereka akan mengalami kerontokan bahkan lebih banyak ketimbang sebelum memasuki masa kehamilan membuat para ibu hamil cemas karena rambut mereka semakin tipis.

Jika Anda mengalami hal yang demikian, Anda bisa menyimak beberapa cara merawat rambut saat hamil agar tidak rontok yang telah dilansir dari beberapa sumber.

Keramas Dengan Shampo Formula Ringan

Terkadang, wanita lebih banyak memproduksi minyak dan sebum karena pengaruh hormon saat hamil. Wajah dan rambut Anda akan terlihat berminyak, sehingga Anda harus keramas lebih sering. Jika Anda membiarkannya terlalu lama, maka pori Anda akan tertutupi oleh sebum tersebut dan menyebabkan kerontokan.

Untuk itu pakai shampo formula ringan yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Untuk hasil yang maksimal Anda bisa memakai kondisioner. Namun, disarankan untuk tidak menyisir rambut dalam keadaan basah.

Pakai Perawatan Alami

Selama masa kehamilan, hindari pemakaian produk kecantikan yang berbahan kimia. Jika Anda ingin melakukan perawatan rambut, sebaiknya gunakan bahan alami saja karena tidak akan mengganggu kesehatan janin seperti minyak zaitun, seledri, dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan perawatan rambut ini sekali seminggu.

Jangan Sering Mengikat Rambut

Karena hamil Anda pastinya sering merasakan panas dan gerah, sehingga Anda akan menginkat atau menggulung rambut. Jika demikian, sebaiknya hindari kebiasaan ini malah membuat rambut Anda cepat rapuh. Ada baiknya jika Anda memotong rambut agar lebih nyaman.

Hindari Stres Berlebihan

Salah satu faktor yang bisa membuat rambut rontok saat hamil adalah stres. Wanita hamil lebih sering mengkhawatirkan masa depan anaknya.

Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, serahkan saja semua pada Tuhan dan yakinlah segala sesuatu akan berjalan baik-baik saja. Karena jika Anda stres memikirkan hal seperti ini bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan perkembangan janin Anda. Jadi sebisa mungkin Anda menghindari segala macam stres.

Konsumsi Buah Segar

Anda bisa mengkonsumsi buah segar karena selain menyehatkan Anda, janin dalam kandungan juga ikut sehat. Mengkonsumsi buah-buahan yang segar setiap hari akan memberi nutrisi dari dalam dan itu sangat baik untuk kesehatan Anda dan janin.