Cegah Kanker Payudara Sejak Dini Dengan Makanan Berserat

Cegah Kanker Payudara Sejak Dini Dengan Makanan BerseratSampai saat ini kanker payudara adalah penyakit yang paling ditakutkan oleh wanita karena memiliki resiko kematian yang cukup tinggi. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan sampai tahun 2020 nanti jumlah penderita kanker payudara akan terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk mencegah hal seperti ini, setiap wanita diharuskan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi sayur dan buah, berolahraga, dan tidak menyentuh rokok serta alkohol.

Jadi untuk mencegah penyakit ini sebaiknya Anda lakukan sejak dini. Bahkan beberapa penelitian menyatakan bahwa remaja yang selalu mengkonsumsi makanan berserat akan terhindar dari kanker payudara sebesar 25%.

Para peneliti ini mengambil sampel sebanyak 29.480 wanita remaja yang berusia 16 hingga 18 tahun, kemudian mereka diminta untuk melakukan kuesioner diet. Setelah sepuluh tahun kemudian, ternyata 682 dari mereka dideteksi memiliki kanker payudara yang jinak (BBD). BBD adalah benjolan jinak pada payudara dan akan tumbuh menjadi kanker payudara.

Remaja yang rutin mengkonsumsi makanan kaya akan serat terhindar dari kanker payudara sebesar 25%. Selain itu juga, American Society for Nutrition mengatakan bahwa wanita dewasa yang sering mengkonsumsi makanan kaya akan serat, mengurangi resiko terkena kanker payudara 11%.

Maka dari itu, mulai dari sekarang Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat. Misalnya alpukat, apel, gandum, brokoli, dan lain sebagainya.

Jadi bagi Anda yang mempunyai anak perempuan sebaiknya Anda membiasakannya untuk mengkonsumsi makanan kaya akan serat. Selain itu, ajarkan kepadanya untuk menerapkan pola hidup sehat.