6 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

6 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Dan KecantikanKunyit atau sering disebut kunir, tanaman ini mempunyai nama latin Curcuma longa ini merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Semua orang sudah tahu dengan baik apa itu kunyit. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal kunyit itu adalah salah satu pelengkap bumbu masakan. Selain itu, bisa juga dibuat jamu yang menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit memiliki senyawa kimia yang disebut dengan kurkumin. Kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kunyit bagi kesehatan dan kecantikan:

Mengatasi Bau Amis Saat Menstruasi

Pada umumnya wanita disarankan untuk mengkonsumsi kunyit asam saat sedang menstruasi. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kunyit juga bisa mengatasi bau amis saat menstruasi.

Meredakan Sakit Maag

Ramuan kunyit juga bisa menyembuhkan sakit maag dan masalah pencernaan lain. Menurut pakar kesehatan, kunyit sebagai agen yang bisa mencegah infeksi bakteri dan membantu meredakan rasa perih di lambung.

Menyembuhkan Batuk

Jika Anda sudah mengkonsumsi segala macam obat batuk namun tak kunjung sembuh, maka cobalah untuk mengkonsumsi jahe yang telah direbus bersama gula merah. Anda bisa mengkonsumsinya sehari sekali setelah makan, dengan begitu penyakit batuk Anda akan reda dan sembuh.

Menyembuhkan Amandel

Perlu Anda ingat bahwa masalah tenggorokan seperti amandel ternyata sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Jika dibiarkan, otomatis tubuh akan terganggu kenyamanannya.

Maka dari itu, Anda bisa mengkonsumsi kunyit. Caranya kunyit dihaluskan lalu diambil airnya, kemudian dicampurkan satu sendok makan jeruk nipis dan madu. Konsumsi secara rutin, maka amandel akan cepat kempes.

Mencegah Pertumbuhan Tumor

Ternyata kunyit putih bisa mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Bagi Anda yang peduli akan kesehatan, Anda bisa mengkonsumsinya setiap hari, dan disarankan untuk mengurangi makanan yang berlemak.

Menyembuhkan Jerawat

Seperti yang Anda ketahui bahwa kunyit memiliki manfaat untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, kunyit juga bisa menyembuhkan jerawat. Caranya, Anda bisa jadikan sebagai masker maupun diminum. Dengan begitu, jerawat Anda akan kering dan hilang.