Cara Atasi Kaki Bengkak Pada Ibu Hamil

Cara Atasi Kaki Bengkak Pada Ibu HamilPembengkakan yang terjadi di bagian kaki saat hamil adalah hal yang wajar. Tapi, biasanya kejadian seperti ini sering membuat khawatir dan takut bagi ibu. Lalu, apa sih yang memicu sehingga kaki jadi bengkak saat masa kehamilan?

Selama masa kehamilan, tubuh memproduksi air lebih banyak dan menahannya dari biasanya. Inilah penyebab, kaki mudah bengkak saat hamil. Selain itu, rahim Anda yang terus membesar dari bulan ke bulan akan menekan pembuluh darah sehingga kaki Anda bengkak.

Memang masalah kaki bengkak akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan, tapi ada sebagian ibu wanita hamil masih mengeluh karena terasa mengganggu. Maka dari itu, cobalah berikut ini cara atasi kaki bengkak pada ibu hamil.

Kompres

Anda bisa mengompres bagian kaki yang bengkak menggunakan air dingin. Cara ini bisa melancarkan aliran darah dan membuat kaki Anda terasa nyaman. Dengan begitu, kaki Anda yang bengkak akan mengempis.

Posisi Duduk

Sebaiknya Anda menghindari posisi duduk dengan menyilangkan kaki. Namun, Anda bisa menaikkan kaki ke kursi saat duduk. Selain itu, Anda bisa menaikkan kaki lebih tinggi dari jantung. Cara duduk seperti ini bisa melancarkan aliran darah.

Tidur Miring Ke Kiri

Saat Anda tidur, sebaiknya tidur dengan posisi miring ke kiri untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah balik di bagian kaki. Namun, jika Anda ingin tidur telentang, disarankan untuk meletakkan bantal pada bagian kaki Anda. Tujuannya agar aliran darah Anda menjadi lancar.

Olahraga Rutin

Meskipun Anda hamil, namun sangat dianjurkan untuk tetap berolahraga dengan intensitas yang ringan. Anda bisa melakukan olahraga seperti renang atau yoga untuk meringankan bengkak pada kaki Anda.

Dipijat

Anda bisa memijat kaku secara perlahan untuk meringangkan bengkak pada bagian kaki Anda.