Cara Mencegah Terkena Penyakit Stroke

Cara Mencegah Terkena Penyakit StrokeStroke adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh sebagian orang karena masih menjadi penyebab kematian tertinggi. Penyakit stroke sangat sulit disembuhkan jika tidak sejak dini.

Meskipun penyakit stroke bisa menyerang secara tiba-tiba, tapi ciri-cirinya masih bisa dideteksi. Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, bahwa semakin cepat penyakit stroke diobati, maka semakin besar juga keberhasilan untuk sembuh.

Susah berjalan, penglihatan berkurang, serta mati rasa di bagian satu sisi tubuh dan lain sebagianya adalah ciri-ciri terkena penyakit stroke.

Tapi, gejala-gejala yang disebabkan oleh penyakit ini bisa dicegah jika kamu menerapkan gaya hidup sehat. Langsung saja kamu simak berikut ini cara mencegah terkena penyakit stroke.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Penyakit stroke berkaitan dengan hiperkolesterol, diabetes, hiperlipidemia, hipertensi yang semuanya itu berkaitan dengan metabolisme dan makanan. Agar kamu terhindar salah satu penyakit seperti ini, kamu sebaiknya untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan lemak, karbohidrat, vitamin mineral, dan protein. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran.

Hindari Rokok

Merokok adalah penyebab utama seseorang terkena penyakit stroke dan mengalami gangguan pembuluh darah lebih tinggi. Karena merokok bisa menyebabkan pengerasan pada pembuluh darah dan menimbulkan plak di dalam pembuluh darah. Hal ini bisa saja dialami oleh seorang perokok aktif maupun pasif. Jadi untuk menghindari penyakit stroke, maka sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini dan jauhkan diri dari asap rokok.

Jangan Sering Stres

Stres bisa menjadi tekanan darah meningkat, merangsang sistem saraf simpatis, dan memperburuk sensitivitas insulin. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi pemicu hipertensi dan diabetes. Bahkan beberapa peneliti mengatakan bahwa stres bisa meningkatkan resiko terkena stroke lebih besar. Maka dari itu, kamu perlu menghindari masalah yang bisa membuat kamu stres atau kamu bisa melakukan sesuatu yang bisa membuat kamu senang, misalnya nonton kemedi, bercanda dan lain sebagianya.

Berolahraga

Olahraga secara rutin bisa membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah dan bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, kamu bisa terhindar dari diabetes, dan meningkatkan kadar kolesterol dengan baik. Jadi, sebaiknya kamu melakukan olahraga secara rutin.