5 Cara Mudah Atasi Mual Saat Hamil

5 Cara Mudah Atasi Mual Saat HamilSelama masa kehamilan sebaiknya untuk mencukupi nutrisi demi kesehatan si janin dan dirinya sendiri. Namun, ada sebagian ibu hamil biasanya mengalami masalah untuk memberikan nutrisi tersebut. Masalah yang selalu dialami saat hamil adalah adanya rasa mual dan ingin muntah.

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan menunjukkan bahwa 50 hingga 90% ibu hamil akan mengalami gangguan kesehatan seperti mual dan muntah pada trimester awal kehamilan. Trimester awal kehamilan adalah pada saat usia kandungan 1-12 pekan.

Rasa mual saat hamil di sebabkan oleh peningkatan pada kadar hormon estrogen. Selain itu, ibu hamil akan merasa lemas dan kurang enak badan sehingga mereka lebih memilih untuk tiduran atau beristirahat saja di tempat tidur. Jika sudah demikian, maka semua aktivitas akan terganggu.

Bagi Anda para ibu hamil, berikut ini 6 cara mudah atasi mual saat hamil yang telah dilansir dari beberapa sumber kesehatan.

Makan Permen Asam

Untuk meringankan rasa mual, Anda bisa mengkonsumsi permen yang agak asam. Namun, Anda tidak boleh mengkonsumsinya terlalu banyak agar asam lambung tidak meningkat.

Mengkonsumsi Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat bagi manusia, salah satunya bisa mengatasi rasa mual. Rasa hangat dari jahe akan menghilangkan rasa mual Anda. Namun, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsinya.

Mengkonsumsi Buah yang Dingin

Saat rasa mual menyerang, maka Anda bisa mengkonsumsi buah yang Anda simpan di kulkas. Rasa dinginnya akan meringankan rasa mual Anda. Tapi, perlu Anda ingat untuk tidak mengkonsumsi buah yang menjadi pantangan saat hamil, seperti nanas, pepaya, anggur, dan durian.

Berada Dalam Ruangan Dingin

Terkadang saat hamil, Anda akan lebih mudah merasa kepanasan. Maka dari itu, sebaiknya Anda selalu berada di ruangan yang memiliki pendingin sehingga suhu badan Anda tetap terjaga.

Berolahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan saat hamil bisa mengatasi rasa mual dan morning sickness. Misalnya yoga atau berjalan santai di pagi atau sore hari. Namun, sebaiknya Anda konsultasi lebih dulu ke dokter kandungan Anda.