Penyebab Nyeri di Perut Saat Menstruasi

Penyebab Nyeri di Perut Saat MenstruasiPada umumnya wanita selalu mengeluhkan rasa nyeri di bagian perut saat menstruasi. Meskipun masalah seperti ini tergolong hal yang biasa terjadi, tapi ada beberapa jenis nyeri saat menstruasi yang perlu Anda perhatikan. Karena bisa saja, rasa nyeri tersebut adalah gejalah Anda tidak sehat.

Rasa nyeri yang Anda rasakan di bagian perut memang sangat mengganggu. Bahkan ada sebagian wanita yang sampai pingsan saat rasa nyeri datang menyerang.

Memang saat rasa nyeri itu datang, Anda bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Tapi, ada juga beberapa wanita yang masih tetap merasa nyeri meskipun Anda sudah melakukan berbagai cara. Untuk mengetahui jenis nyeri saat menstruasi itu bahaya atau tidak, Langsung saja Anda simak berikut ini.

Nyeri Perut Biasa

Rasa nyeri seperti ini hanya berlangsung beberapa saat dan tidak membuat penderitanya sampai pingsan. Penyebab rasa nyeri ini dikarenakan oleh hormon prostaglandin. Hormon inilah yang menyebabkan kontraksi saat menstruasi sehingga Anda akan merasakan nyeri di bagian perut dan sifatnya hanya sementara.

Nyeri Satu Jam Sekali

Rasa nyeri perut ini akan terjadi beberapa kali, biasanya satu jam sekali. Bahkan rasa nyeri ini juga selalu disertai dengan pendarahan yang hebat sehingga Anda akan mengganti pembalut berulang-ulang kali. Jika Anda mengalami hal seperti ini, disarankan Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Selain itu, direktur Saint Peter’s University Hospital di New Jersey, mengatakan bahwa hal ini bisa saja dikarenakan adanya tumor jinak di bagian saluran kemih. Tumor ini akan tumbuh hingga sebesar biji apel, Namun tumor ini biasanya muncul saat usia 30-an atau 40-an.

Nyeri Perut Bagian Bawah Disertai Demam

Kondisi seperti ini juga sering dikeluhkan oleh beberapa wanita. Jika Anda merasakan rasa nyeri di bagian perut saat buang air kecil dan disertai dengan warna air seni berubah menjadi kehijauan, disarankan segera berkonsultasi ke dokter.

Jika Anda mengalami hal ini kemungkinan besar disebabkan karena adanya gangguan di dekat saluran kemih. Jika tidak ditangani secara serius, hal ini bisa saja menyebabkan infeksi dan pada akhirnya bisa memicu munculnya berbagai penyakit.