Cara Alami Mengobati Diare

Cara Alami Mengobati DiareHampir semua orang pernah mengalami diare. Benarkah? Biasanya diare disebabkan mengkonsumsi makanan yang asam, pedas, dan berminyak secara berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan usus kaget sehingga memicu diare. Saat diare menyerang, biasanya disertai ingin muntah, mual dan sakit perut.

Pada umumnya diare diakibatkan oleh virus dan juga beberapa racun bakteri. Orang yang memiliki pola hidup yang sehat dan bersih, biasanya lebih muda sembuh dari infeksi virus dalam beberapa hari. Tapi bagi seseorang yang sakit atau kurang gizi, diare ini bisa membuat dehidrasi yang dapat mengancam jiwa.

Perlu Anda ingat bahwa diare bisa menjadi masalah yang lebih parah, seperti disentri, kolera, atau botulisme, bahkan bisa menyebabkan sindrom kronis. Maka dari itu, sebaiknya Anda langsung mengobatinya.

Selain obat yang berbahan kimia, diare juga bisa diatasi dengan obat alami. Lalu, obat alami apa saja yang digunakan untuk mengobati diare.

Ramuan Daun Biji, kunyit, dan lempuyang emprit

Sediakan 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, kunyit dan lempuyang emprit 9 gram. Caranya, potong tipis-tipis semua bahan tersebut. Kemudian rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air, setelah air rebusan tersisa 3 gelas. Lalu, saring dan dinginkan. Airnya bisa Anda konsumsi, dengan begitu diare Anda akan hilang.

Ramuan Kunyit

Seperti yang Anda ketahui bahwa kunyit memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti menyembuhkan beberapa penyakit, misalnya diabetes, maag, diare, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menggunakan kunyit sebagai obat untuk mengatasi diare, caranya berikut ini.

Sediakan kunyit, ketumbar 3 buah, rasuk angin setengah sendok makan, daun tawas 1 lembar dan buah kayu ules 1 biji. Rebus bahan-bahan tersebut dengan air sebanyak 115 ml. Setelah mendidih kemudian dinginkan dan saring. Konsumsi pada pagi dan siang hari hingga diare Anda sembuh.

Ramuan Dari Beras Ketan

Ternyata beras ketan bisa juga mengobati diare. Caranya, sediakan 100 gram beras ketan dan 1 jari kunyit. Kemudian beras ketan digoreng tanpa menggunakan minyak sampai agak sedikit hitam dan kunyit dibakar sampai hangus. Setelah itu, haluskan kedua bahan tersebut. Hasilnya bisa Anda seduh dengan air panas dengan satu sendok makan untuk sekali minum.