5 Cara Perawatan Kaki Pada Penderita Diabetes

5 Cara Perawatan Kaki Pada Penderita DiabetesBagi penderita diabetes akan mengalami masalah pada kakinya. Biasanya penderita kaki akan mengalami luka yang tidak kunjung sembuh, infeksi yang disebabkan bakteri atau jamur, bahkan yang paling para adalah pembusukan.

Hal ini diakibatkan karena aliran darah yang tidak baik dan kerusakan pada saraf. Untuk mencegah hal seperti ini, Anda harus mengontrol kadar gula darah dan berhenti merokok.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk selalu merawat kaki. Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, inilah 5 cara perawatan kaki pada penderita diabetes.

Periksa Kaki Setiap Hari

Periksa kaki Anda setiap hari. Lihat apakah kaki Anda mengalami pembekakan, nyeri perubahan warna, atau retak pada kulit. Jika demikian, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

Rajin Membersihkan Kaki

Penderita diabetes diharuskan untuk selalu menjaga kebersihan jari-jari kaki. Karena, penderita diabetes lebih mudah mengalami infeksi atau lecet di bagian jari-jari kaki. Setelah kaki Anda bersih, langsung keringkan dengan handuk. Caranya Anda bisa menepuk-nepuk secara pelan-pelan, ingat jangan menggosoknya.

Mencuci Kaki dengan Air Hangat

Sebaiknya Anda selalu menggunakan air hangat dan sabun antiseptik saat mencuci kaki. Anda bisa merendam kaki kurang lebih 5 hingga 8 menit saja. Ingat, merendam kaki terlalu lama bisa menyebabkan luka-luka Anda sulit untuk sembuh.

Memakai Sepatu yang Tepat

Jangan pernah memakai sepatu yang terlalu sempit. Pakai sepatu yang sesuai dengan ukuran Anda dan yang menggunakan tali. Namun perlu Anda ingat bahwa, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak memakai sepatu terlalu lama.

Gunting Kuku Dengan Teknik yang Benar

Jika ingin memotong kuku, sebaiknya lakukan dengan cara yang benar. Untuk lebih mudah, Anda bisa memotong kuku setelah mandi karena kuku sudah menjadi lebih lembut. Jangan pernah memotong kuku terlalu pendek. Jika Anda merasakan nyeri di bagian kuku, maka segera konsultasikan ke dokter.