Jenis Makanan Terbaik Untuk Pencernaan

Jenis Makanan Terbaik Untuk PencernaanSering mengalami gangguan kesehatan seperti sulit buang air besar biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang salah. Makanan yang baik untuk pencernaan harusnya makanan yang mengandung serat dan air agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik.

Jika Anda ingin sistem pencernaan menjadi lancar, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi. Lalu, apa saja jenis makanan yang baik untuk pencernaan Anda? Langsung saja Anda simak berikut ini jenis makanan terbaik untuk pencernaan.

Gandum Utuh

Mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar biji-bijian utuh, seperti beras merah atau gandum yang memiliki serat tinggi sangat baik untuk pencernaan Anda. Namun bagi penderita Celiac atau alergi pada gluten, sebaiknya Anda hindari.

Apel

Apel memiliki serat dan air yang cukup tinggi. Buah mungil ini bisa membantu Anda untuk mencegah sembelit. Bahkan jika dikonsumsi secara teratur tiap pagi bisa mencegah gangguan perut lainnya.

Pisang

Pisang adalah makanan yang paling mudah ditoleransi karena rasanya yang cenderung hambar, tidak akan mengiritasi lambung seperti berbagai jenis makanan lainnya. Selain itu, pisang juga baik untuk mengganti elektrolit tubuh yang hilang akibat aktivitas fisik yang tinggi.

Jahe

Seperti yang Anda ketahui bahwa jahe, peppermint, dan kunyit mampu mengatasi gangguan perut. Selain itu, bisa juga untuk melancarkan pencernaan Anda.

Buah Plum

Buah plum juga sangat cocok untuk mengatasi sembelit karena buah ini memiliki serat yang dapat memperlancar pencernaan. Selain itu, buah plum juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh Anda.

Yoghurt

Seperti yang Anda ketahui bahwa yoghurt baik untuk sistem pencernaan karena memiliki kandungan bakteri baik yang bisa melawan bakteri jahat yang terdapat pada usus Anda. Yoghurt ini bisa membantu Anda untuk mengaktifkan enzim laktase pada saluran pencernaan sehingga Anda terhindar dari gangguan pencernaan.