Penyebab Berat Badan Turun Secara Tiba-tiba

Penyebab Berat Badan Turun Secara Tiba-tibaAnda pasti sering bingung saat berat badan turun secara tiba-tiba. Padahal, Anda selama ini tidak menjalankan program diet. Apakah hal ini merupakan gejala penyakit? Atau karena ada faktor lain?

Perubahan berat badan terkadang tidak kita sadari. Sampai ada teman Anda yang mengatakan “kenapa tubuhmu menjadi kurus? Pastinya, kamu akan terkejut dengan hal ini.

Jika seseorang yang menjalankan program diet, penurunan berat badan adalah tujuan utamanya. Namun, berbeda bagi Anda yang tidak melakukan apa-apa dan mengalami penurunan berat badan. Untuk itu, berikut ini beberapa penyebab berat badan turun secara tiba-tiba.

Mengalami Depresi

Seseorang yang sedang depresi akan mengalami penurunan nafsu makan dan kehilangan selera makan. Pada akhirnya, berat badannya pun akan mengalami penurunan karena malas makan. Depresi ini bisa disebabkan karena putus cinta, pekerjaan, dan masalah keluarga.

Kelainan Hormon

Penyebab Anda mengalami penurunan berat badan, biasanya disebabkan hormon tiroid yang terlalu aktif. Sehingga sistem metabolisme di tubuh semakin cepat dan pada akhirnya berat badan Anda turus secara drastis. Selain itu, penderita ini lebih cepat berkeringat.

Penyakit Diabetes

Diabetes atau kelebihan kadar gula darah juga bisa menyebabkan berat badan turun secara drastis. Penyakit diabetes ini akan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh. Kadar glukosa itulah yang menyebabkan massa otot menyusut.

Penyakit Celiac

Penyakit celiac seperti ini akan menyerang usus. Saat usus sudah terluka, maka secara otomatis penyerapan nutrisi dari makanan juga akan terhambat. Hingga pada akhirnya berat badan Anda pun turun.

Tuberklosis (TBC)

Bagi penderita tuberkulosis atau TBC, sistem kekebalan tubuhnya akan melemah. Selain itu, virus ini juga akan menyebabkan berat badan Anda turun secara cepat. Maka dari itu, Anda harus waspada.

Kanker

Sel kanker yang terdapat dalam tubuh adalah salah satu penyebab berat badan Anda turun secara tiba-tiba. Karena sel-sel ini akan merusak sel-sel tubuh yang normal sehingga Anda mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.