Tips Agar Telinga Tetap Sehat

Tips Agar Telinga Tetap SehatUntuk menjaga kebersihan telinga tidak hanya dibersihkan menggunakan cotton bud saja. Tapi ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar telinga Anda tetap bersih. Mungkin Anda termasuk salah satu orang yang sering menjaga kebersihan telinga dengan cotton bud saja. Tapi, selain itu Anda juga harus menjaga organ pendengaran agar tetap baik.

Lalu, bagaimana tips agar telinga Anda tetap bersih? Untuk mengetahuinya, langsung saja Anda simak berikut ini:

Kurangi Pemakaian Earphone

Tanpa sengaja, mendengarkan musik dengan earphone dengan volume suara yang keras bisa merusak organ pendengaran Anda. Mendengarkan musik di atas 100 dB dalam waktu 1 jam setiap hari bisa mengakibatkan kehilangan pendengaran secara permanen.

Hindari Suasana yang Terlalu Bising

Suasana yang terlalu ramai, misalnya jalan umum, tempat konser dan lain sebagainya bisa memperburuk kondisi kesehatan organ pendengaran. Jadi, sebisa mungkin Anda menghindari hal tersebut agar telinga Anda tetap sehat.

Jagalah Selalu Kebersihan Telinga

Sebaiknya Anda harus lebih teliti dalam membersihkan telinga. Jangan pernah membersihkan telinga menggunakan benda runcing selain cotton bud. Meski cotton bud sangat tepat untuk membersihkan telinga, tapi Anda harus tetap berhati-hati. Cara membersihkan telinga yang benar hanya sampai bagian daun telinga saja. Tujuanya agar kotoran telinga tidak terdorong masuk ke tempat yang lebih dalam. Karena akan menyebabkan tinitus atau radang pada gendang telinga.

Menggunakan Alat Pengaman Saat Berkendara

Saat berkendara, sebaiknya Anda tetap menggunakan alat pengaman, seperti helm untuk pelindung telinga saat berkendara. Cara ini sangat efektif karena bisa mengurangi suara bising pada mesin di pabrik.

Memeriksa Kesehatan Telinga

Anda dianjurkan untuk memeriksa kesehatan telinga dua kali dalam setahun. Konsultasilah ke dokter THT kepercayaan Anda agar kesehatan telinga tetap terjaga.