Cara Agar Terhindar dari Penyakit Mata Katarak

DUNIAMEDIKA.COM – Mata katarak adalah salah satu penyakit mata yang harus diwaspadai. Biasanya, penyakit yang menyebabkan gangguan pada penglihatan ini dialami bagi mereka yang sudah menginjak usia lanjut.

Namun ada beberapa hal yang menyebabkan mata katarak ini muncul. Seperti faktor keturunan, peradangan mata, diabetes, paparan langsung sinar ultraviolet, dan pengaruh obat-obatan tertentu.

Ilustrasi Operasi Mata Katarak
Ilustrasi Operasi Mata Katarak

Adapun ciri-ciri penyakit katarak ini bisa menyebabkan penderita mengalami penglihatan ganda, buram, kesulitan saat melihat di malam hari, sensitif pada cahaya terang, bahkan bagian mata terlihat ada keputihan seperti susu.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara agar terhindar dari penyakit mata katarak.

Konsumsi Buah dan Sayur

Agar mata tetap sehat, sebaiknya Anda memperhatikan selalu asupan nutrisi yang dikonsumsi dalam sehari. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur yang segar.

Hindari Rokok dan Alkohol

Selain bisa mengakibatkan kanker dan penyakit lainnya, ternyata merokok juga bisa menganggu kesehatan mata. Oleh karena itu Anda disarankan untuk menghindari minuman beralkohol dan merokok agar mata tetap sehat sampai tua.

Menjaga Pola Makan

Pola makan adalah poin yang sangat berpengaruh pada kesehatan mata. Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya Anda mengurangi mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan garam. Dan disarankan mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami.

Pakai Kacamata

Bagi Anda yang melakukan aktivitas diluar rumah, disarankan untuk menggunakan kacamata hitam. Tujuannya agar mata Anda terhindar dari sinar ultraviolet yang dapat merusak mata.

Istirahat yang Cukup

Sama dengan tubuh, mata juga membutuhkan istirahat setelah digunakan secara terus menerus. Apalagi jika Anda yang bekerja di depan komputer. Istirahatlah mata setiap 10 menit dalam jam. Selain itu, hindari kebiasaan buruk seperti begadang.