Efek Negatif Kafein Bagi Kesehatan Tubuh

Efek Negatif Kafein Bagi Kesehatan TubuhDUNIAMEDIKA.COM – Semua orang sudah mengenal yang namanya kafein. Zat ini terdapat pada teh, kopi, obat, dan produk makanan dan minuman dalam kemasan. Selain memberikan efek positif seperti meningkatkan energi dan membuat kita lebih waspada, tapi kafein juga bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, kafein bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan dan tubuh. Berikut ini beberapa efek negatif kafein bagi kesehatan tubuh:

Alergi

Sistem kekebalan tubuh manusia hanya bisa menerima kafein dalam jumlah tertentu saja setiap harinya. Tapi ada juga beberapa orang yang alergi pada kafein. Orang yang alergi kafein biasanya memiliki tekanan darah tinggi, gangguan pada sistem pencernaan, adanya luka pada lambung, dan penyakit jantung. Jika Anda merasakan sakit kepala setelah mengkonsumsinya, itu berarti Anda alergi pada kafein.

Risiko Berkaitan Kehamilan

Bagi wanita hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Selain berakibat buruk untuk si ibu, janin Anda juga akan terkena efek negatif dari kafein. Karena kafein dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan. Selain itu, akan meningkatkan risiko kelahiran prematur dan gangguan metabolisme pada bayi. Bahkan lebih parahnya bisa menyebabkan keguguran.

Efek Samping

Mengkonsumsi kafein secara berlebihan akan meningkatkan detak jantung, mudah grogi, gelisah, dan insomnia. Selain itu, kafein juga akan memicu gangguan pada pencernaan, kecemasan, dan gelisah. Tidak hanya pada tubuh Anda, kafein juga berimbas pada psikologis.

Kecanduan

Efek negatif yang diberikan kafein adalah kecanduan. Itulah sebabnya orang-orang yang sudah kecanduan kopi tidak akan bisa meninggalkannya walaupun hanya sehari. Saat meninggalkannya Anda akan mudah merasa sakit kepala, gelisah, dan lain sebagainya.