3 Jenis Latihan yang Dapat Menyehatkan Mata

Latihan mata sangat dibutuhkan agar terhindar dari pemakaian kacamata. Bahkan, orang dengan mata silindris, insufisiensi konvergensi dan otot mata yang lemah dapat merasakan manfaat yang besar dari latihan mata. Melakukan latihan mata tidak hanya memperbaiki penglihatan, tetapi juga dapat mengurangi masalah yang disebabkan oleh ketegangan mata, seperti sakit kepala. latihan mata tidak memerlukan waktu yang lama serta dapat dilakukan hampir di mana saja.

Berikut 3 jenis latihan yang dapat menyehatkan mata:
1. 20-20-20
Latihan 20-20-20 dapat membantu mata untuk lebih fokus dan rileks ketika sedang merasa tegang. Untuk melakukan latihan ini, Anda cukup mengatur waktu untuk melakukan hal-hal tertentu dalam waktu 20 menit, misalnya melihat benda tertentu selama 20 menit. setiap 20 menit lakukan tugas yang seragam, kemudian ambil waktu 20 detik untuk berkonsentrasi pada objek lain yang berjarak setidaknya 20 kaki (6 meter) dari Anda. Hal ini memungkinkan mata Anda rileks dan fokus dalam jangka waktu singkat dan kembali ke aktifitas sebelumnya dengan penglihatan yang lebih jelas.

2. Memutar mata
Sama halnya dengan peregangan bahu atau kaki, memutarkan bola mata dapat membuat mata Anda rileks kembali. Latihan ini juga dapat meningkatkan sirkulasi, yang juga memungkinkan peningkatan jumlah nutrisi dan aliran oksigen ke daerah mata. Menurut Chinese Holistic Health Exercises, latihan memutar mata dapat dilakukan dengan posisi duduk atau berbaring. Buka mata dan putar searah jarum jam setidaknya 20 kali. Berkedip beberapa kali dan kemudian ulangi dengan memutar mata dengan arah yang berlawanan.

3. Jarak fokus
Latihan fokus pada jarak dapat memperbaiki dan membangun kembali penglihatan Anda. Setelah sekian lama mata fokus pada objek dengan jarak dekat, seperti melihat komputer, televisi, dokumen atau objek-objek lain, luangkan waktu beberapa menit setiap hari untuk ke luar ruangan yang memungkinkan mata Anda melihat dengan fokus pada objek yang jauh.