Ciri Ibu Hamil Mengandung Anak Kembar

Ciri Ibu Hamil Mengandung Anak Kembar
Ciri Ibu Hamil Mengandung Anak Kembar

DUNIAMEDIKA.COM – Mengandung anak kembar merupakan kebahagian tersendiri bagi ibu hamil. Mengandung anak kembar tentu harus diberikan perhatian ekstra bagi ibu dan anak. Hamil kembar atau sering disebut kehamilan ganda dan kehamilan multipel, yaitu kondisi rahim ibu terdapat dua janin atau lebih. Hal ini bisa saja disebabkan faktor keturunan.

Pada umumnya kehamilan ganda lebih tinggi resikonya dibanding kehamilan tunggal. Namun, bagi Anda yang amil kembar, sebaiknya tidak perlu khawatir. Yang terpenting selama kehamilan Anda selalu berkonsultasi ke dokter kandungan dan rajin berolahraga, maka kesehatan sebagai jaminannya dan proses persalian pun jadi lancari.

Bagi Anda yang belum mengetahui ciri ibu yang mengandung anak kembar, langsung saja Anda simak berikut ini.

Morning Sickness

Mengalami morning sickness atau sering disebut muntah-muntah yang berlebihan dari kehamilan tunggal. Hal ini disebabkan kadar hormon HCG mengalami peningkatan dua kali lipat dari hamil tunggal.

Berat Badan

Ketika memasuki trimester pertama, berat badan akan meningkat dua kali lebih cepat dari kehamilan tunggal. Kemudian saat memasuki trimester kedua, si ibu mengalami kesulitan bernapas, pembengkakan di kaki dan tangan lebih cepat, mudah lelah, anemia, dan pembesaran rahim dari ukuran normal.

Keadaan Rahim

Seiring bertambahnya usia kehamilan tentu perut akan semakin membesar. Kehamilan kembar rahim akan lebih besar dari ukuran normalnya. Selain itu, ketika diperiksa akan terdengar dua detang jantung. Bahkan, kadar Alpha Fetoprotein atau AFP meningkat dua kali lipat.

Berkonsultasi ke dokter kandungan secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil. Tujuannya untuk mengetahui pertumbuhan si janin dan mencegah terjadinya komplikasi yang bisa saja muncul saat kehamilan kembar. Selain itu, proses persalinan Anda pun menjadi lancar.