Efek Samping Alkohol Bagi Kesehatan

Efek Samping Alkohol Bagi Kesehatan
Efek Samping Alkohol Bagi Kesehatan

DUNIAMEDIKA.COM – Bagi Anda yang suka mengkonsumsi alkohol, tentu yang Anda rasakan hangover dan mengalami kesulitan tidur. Namun perlu Anda ingat bahwa efek jangka panjang alkohol bagi kesehatan bisa sangat berbahaya.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini efek samping alkohol bagi kesehatan:

Otak

Alkohol bisa mempengaruhi fungsi otak secara menyeluruh sehingga mengalami perubahan perilaku. Selain itu juga, akan kesulitan dalam berpikir jernih dan bergerak.

Jantung

Mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak bisa merusak jantung dan gangguan kesehatan seperti Cardiomyopathy, Arrhythmias, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Hati

Alkohol memberikan efek buruk pada hati sehingga bisa menyebabkan peradangan hati, antara lain steatosis, hepatitis alcohol, fibrosis, and cirrhosis.

Pankreas

Alkohol dapat membuat pankreas untuk memproduksi racun dalam tubuh. Tentu hal akan menyebabkan pankreatitis, terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah, dan pencernaan menjadi terhambat.

Kanker

Mengkonsumsi alkohol setiap hari cenderung terkena kanker hati, kanker mulut, kanker payudara, kanker tenggorokan, dan kanker perut. Meskipun tidak semua orang yang mengkonsumsi alkohol cenderung terkena kanker. Hanya saja beberapa ahli kesehatan menemukan kanker lebih banyak dialami oleh orang yang sering mengkonsumsi alkohol.

Sistem Kekebalan Tubuh

Alkohol akan membuat tubuh Anda semakin lemah. Tentu hal ini dapat mempermudah Anda terkena penyakit. Mengkonsumsi dalam jumlah yang banyak cenderung menderita penyakit pneumonia dan tuberkolosis dibandingkan yang sedikit.