Manfaat Dilakukannya Tes Darah

Manfaat Dilakukannya Tes Darah
Manfaat Dilakukannya Tes Darah

DUNIAMEDIKA.COM – Tes darah merupakan prosedur untuk mengetahui kondisi tubuh seseorang. Tes darah sekali setahun bisa membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Dengan melakukan tes darah, Anda dapat mengatahui beberapa penyakit sebelum semakin parah seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan lain sebagainya. Selain itu, bisa membantu Anda mencegah secara medis untuk jangka waktu ke depan.

Pada dasarnya tes darah dibagi menjadi 3 yaitu biochemical analysis, molecular profiles, dan cellular evaluation. Test biochemical Analysis untuk mengetahui tingkat sodium, potassium, chloride, bicarbonate, magnesium, calcium, creatinine, glukosa, dan urea nitrogen.

Dan untuk mengetahui anatomi molekuler dari sel-sel tubuh seseorang mengenai penyakit disebut tes molecular profiles. Sedangkan cellular evaluation sendiri masih dibagi menjadi tiga, seperti full blood count, cross matching, dan blood cultures.

Maka dari itu, cobalah Anda simak berikut ini manfaat dilakukannya tes darah:

Menghitung Darah

Tes darah bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kadar hemoglobin mengindikasikan apakah Anda mengalami anemia atau tidak. Sedangkan kadar trombosit untuk mengetahui terjadinya penggumpalan darah. Dan terakhir kadar sel darah putih untuk mengetahui terjadinya infeksi.

Infeksi

Terjadinya infeksi seperti hepatitis dan sifilis bisa diketahui melalui tes darah. Karena pada umumnya kedua jenis penyakit ini tidak menimbulkan gejala fisik yang terlihat.

HIV

Virus HIV atau dengan nama lain human immunodeficiency virus bisa diketahui melalui tes darah biasa. Butuh waktu lama untuk merasakan penyakit AIDS namun dengan melakukan tes darah sedini mungkin, penyakit ini bisa dicegah.

Gula Darah

Pada umumnya gejala diabetes sangat sulit untuk dideteksi. Namun, dengan tes darah Anda bisa mengetahui kadar gula dalam darah. Jika tinggi, berarti Anda mengalami diabetes.

Kelenjar Gondok

Saat ini banyak anak muda yang cenderung terkena penyakit gagal kelenjar gondok. Hal ini dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Untuk itu, lakukan tes darah agar Anda terhindar dari penyakit ini.