Cara Agar Terhindar Dari Kembung Saat Hamil

Cara Agar Terhindar Dari Kembung Saat Hamil
Cara Agar Terhindar Dari Kembung Saat Hamil

DUNIAMEDIKA.COM – Kembung merupakan hal yang wajar dialami ibu hamil. Pada trimester pertama, ibu hamil akan selalu bersendawa dan merasa seolah celananya terlalu ketat. Selain itu, hormon progesteron yang mengalami peningkatan bisa menyebabkan sistem gastrointestinal menjadi lemah sehingga sistem pencernaan menjadi lambat dan mengakibatkan kembung.

Untuk mengatasi hal seperti ini, sebaiknya Anda simak berikut ini cara agar terhindar dari kembung saat hamil.

Kubis-kubisan dan Buncis

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kangkung, bayam dan buncis memiliki kandungan gula yang disebut raffinose. Raffinose inilah yang menimbulkan gas di perut sehingga bisa membuat perut menjadi kembung.

Makanan Berserat

Memang makanan berserat sangat baik untuk kesehatan. Namun, serat pada makanan buncis, kacang polong, dan buah-buahan, bisa menimbulkan gas di bagian usus Anda. Anda juga tidak harus menghindari makanan berserat ini karena bisa membuat Anda menjadi sembelit. Jadi, konsumsi makanan serat secara bertahap sehingga tubuh dapat menyesuaikan diri.

Minuman Bersoda

Minuman soda memiliki kandungan sirup fruktosa yang cukup tinggi. Fruktosa merupakan gula yang bisa menyebabkan gas pada lambung. Jika memang Anda ingin mengkonsumsi minuman bersoda, diamkan sejenak sambil tutupnya tetap terbuka untuk mengurangi karbonasi.

Makanan Bersodium

Sodium yang terdapat pada makanan olahan bisa menyebabkan Anda menjadi kembung. Hal ini dikarenakan tubuh mencoba mencairkan garam tersebut agar elektrolit menjadi seimbang.