Dampak Buruk Cat kuku Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Cat kuku Bagi Kesehatan
Dampak Buruk Cat kuku Bagi Kesehatan

DUNIAMEDIKA.COM – Bagi Anda yang suka menggunakan cat kuku, sebaiknya Anda berhati-hati sebelum memutuskan untuk menggunakannya setiap hari. Memang cat kuku bisa membuat kuku semakin cantik, namun sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Karena cat kuku memiliki zat berbahaya dan tentunya memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Maka dari itu, langsung saja Anda simak berikut ini dampak buruk cat kuku bagi kesehatan:

Zat Kimia Berbahaya

Cat kuku memiliki kandungan formaldehyde, toluene, dan dibutyl phthalate (DBP).Formaldehida berfungsi sebagai pengeras dan pengawet cat kuku yang bersifat karsinogen. Selain itu, bisa menyebabkan kanker dan gejala iritasi pada tenggorokan, hidung, mata, dan kulit.

Sedangkan zat toluene yang berfungsi untuk menghaluskan kuku dapat menyebabkan pusing, sakit kepala, kelelahan, dan merusak sistem reproduksi. Dibutyl phthalate (DBP) dapat memicu kelahiran cacat.

Menggunakan Cat Kuku pada Ruangan Terbuka

Kandungan aseton dan toluena pada cat kuku dapat menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan. Untuk itu, Anda disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan cat kuku.

Nail Remover

Nail remover atau lebih dikenal dengan cairan penghapus cat kuku mempunyai kandungan acetone yang membuat kuku menjadi cepat kering. Anda hanya boleh menggunakan nail remover sekali sebulan. Ingat, acetone ini tidak baik bagi kesehatan untuk mata, paru-paru, dan syaraf.