Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi
Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

DUNIAMEDIKA.COM – Pada umumnya wanita selalu merasakan nyeri saat menstruasi, apalagi di awal bulan. Rasa nyeri dan kram disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya adalah adanya kontraksi akibat reaksi ketika menstruasi.

Nyeri dan kram di bagian perut bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Ada sebagian wanita yang bergerak sedikit saja sudah terasa nyeri.

Untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi tersebut, langsung saja Anda simak beriku ini:

Minum Analgesik

Memang mengkonsumsi obat pereda sakit seperti pil yang memiliki kandungan analgesik bisa meringankan rasa nyeri tersebut. Tapi obat ini hanya bisa dikonsumsi ketika rasa sakit sudah tidak tertahankan. Jika rasa nyeri belum hilang, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Aktivitas Fisik

Jika Anda tidak ingin merasakan nyeri, cobalah melakukan olahraga setiap hari. Olahraga dapat membantu tubuh untuk melancarkan siklus menstruasi Anda. Misalnya jogging, berjalan cepat, aerobik dan yoga. Dengan berolahraga hormon glutamin, endorfin, dan serotonin menjadi stabil.

Kompres Air Hangat

Mengompres perut dengan air hangat memang tidak sepenuhnya bisa mengatasi rasa nyeri tapi paling tidak membuat perut Anda terasa lebih nyaman.

Konsumsi Vitamin

Vitamin E pada buah alpukat dan kuning telur bisa mengatasi gejala PMS sekaligus nyeri haid. Selain itu, vitamin C dan zinc juga bisa membuat sel telur dan sistem reproduksi Anda menjadi lebih sehat.