Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan
Cara Menyembuhkan Radang Tenggorokan

DUNIAMEDIKA.COM – Radang tenggorokan merupakan hal yang biasa terjadi dan indikasinya seperti gejala pilek. Sakit ini tidak termasuk penyakit berbahaya dan akan sembuh dalam tujuh hari. Selain rasanya yang membuat Anda tidak nyaman dan suara yang serak. Jika dibiarkan, maka akan menyebabkan pilek dan demam. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami radang tenggorokan berikut ini cara menyembuhkannya.

Obat Anti-Inflamasi

Anda bisa mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter untuk mengatasi radang tenggorokan seperti naproxen, acetaminophen, ibuprofen dan aspirin. Untuk itu, selalu sediakan obat di rumah.

Obat Kumur Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat menyembuhkan pembekakan di tenggorokan dan mengeluarkan lendir dan bakteri di dalamnya. Jika Anda tidak menyukai rasa asinnya, cobalah untuk menambahkan sedikit madu. Ingat, ramuan ini hanya obat kumur, bukan untuk ditelan.

Permen Pelega Tenggorokan

Mengkonsumsi permen pelega tenggorokan bisa menjadi solusi Anda. Permen ini akan merangsang produksi air liur sehingga tenggorokan Anda tetap lembab. Untuk hasil yang lebih maksimal, pilihlah merk permen yang berbahan menthol dan eucalyptus.

Sirup Obat Batuk

Sirup obat batuk juga dapat mengobati radang tenggorokan. Meskipun Anda tidak batuk, Anda harus melakukan pencegahan sejak dini. Jangan minum sirup obat batuk yang mempunyai efek ngantuk karena bisa menganggu aktivitas di siang hari.

Cairan

Anda harus minum air putih dalam jumlah yang banyak. Tujuannya agar membran yang berlendir tetap lembab dan bisa mengatasi bakteri penyabab pilek lainnya. Anda juga bisa mengkonsumsi jus buah untuk melegakan iritasi tenggorokan.