Dampak Buruk Menatap Layar Komputer Bagi Mata

Dampak Buruk Menatap Layar Komputer Bagi Mata
Dampak Buruk Menatap Layar Komputer Bagi Mata

DUNIAMEDIKA.COM – Bekerja di depan layar komputer dalam waktu yang lama bisa membuat mata menjadi lelah. Apalagi jika radiasi layar yang terlalu tinggi akan berdampak buruk bagi penglihatan mata Anda. Bahkan, beberapa peneliti mengatakan bahwa seseorang menatap layar komputer selama 7 jam dalam sehari akan menimbulkan masalah kesehatan seperti mata kering.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini dampak buruk menatap layar komputer bagi mata:

Sakit Mata

Sakit mata merupakan ciri ketika mata melihat cahaya terang, mata lebih sedikit berkedip dan air mata di permukaan mata menjadi berkurang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mata berkedip menjadi berkurang 10 kedipan saat terfokus layar komputer.

Mengganggu Penglihatan Mata

Mata yang kering bisa membuat jaringan permukaan depan mata terganggu sehingga menyebabkan sumber infeksi. Inilah penyebab mata yang kering mengurangi penglihatan Anda.

Pengguna Lensa Kontak Rawan Infeksi

Pengguna lensa kontak akan lebih sering menggaruk permukaan matanya. Memakai lensa kontak dalam waktu 10 jam bisa mengeluarkan air mata sehingga menyebabkan mata menjadi kering. Selain itu, dapat menyebabkan lecet kecil dan menimbulkan infeksi. Normalnya, lensa kontak harus dilepas jika aktivitas sudah selesai.

Mata kering akan membuat Anda tidak nyaman. Apalagi bagi Anda yang selalu bekerja di depan layar komputer. Maka dari itu, Anda harus melakukan relaksasi. Caranya, alihkan pandangan Anda selama 15 menit dari komputer, misalnya menatap taman atau benda-benda yang jauh. Jika mata sudah terasa kering, segera gunakan tetes mata empat kali sehari.