Penyebab Susah BAB Saat Bulan Puasa

Penyebab Susah BAB Saat Bulan Puasa
Penyebab Susah BAB Saat Bulan Puasa

DUNIAMEDIKA.COM – Berpuasa di bulan suci ramadhan itu menyehatkan. Meskipun puasa mengharuskan kita untuk tidak makan dan minum, namun sebaiknya Anda tetap aktif bergerak. Jika tidak, Anda akan mengalami gangguan pencernaan dan kesehatan.

Meskipun kita tidak mengkonsumsi apapun, pencernaan tetap bekerja sesuai kita konsumsi. Sehingga pada akhirnya kita kadang bisa buang air kadang juga tidak. Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini penyebab susah BAB saat bulan puasa.

Kurang Minum Air

Minum air putih saat bulan puasa merupakan hal yang paling utama. Hal ini dikarenakan waktu makan dan minum kita sangat terbatas. Ketika minum, sebaiknya Anda agar tidak langsung banyak atau terlalu sedikit. Jadi atur pola minum Anda agar proses pencernaan dan ekskresi bekerja dengan baik.

Kurang Bergerak

Kurang gerak juga merupakan salah satu faktor Anda susah BAB. Saat bergerak, metabolisme tubuh juga akan bergerak dengan aktif. Maka dari itu, biasakan Anda untuk selalu bergerak seperti biasanya. Tidak juga harus harus mengeluarkan tenaga yang besar, cukup Anda bergerak aktif saja.

Kurang Konsumsi Serat

Saat makan malam dan sahur, sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung 50% serat. Selain itu, imbangi dengan cairan dan protein atau karbohidrat. Misalnya beras merah, semangka, bayam segar, dan apel.

Terlalu Banyak Kalsium

Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah banyak namun disertai dengan magnesium dapat menganggu pencernaan Anda. Hal ini dikarenakan magnesium diperlukan untuk proses penyerapan kalsium.

Konsumsi Gorengan Atau Makanan Buatan

Gorengan dan makanan buatan seperti kue-kue, mie, roti dan lain sebagainya dapat memicu panas dalam. Untuk itu, Anda disarankan untuk mengkonsumsi secukupnya saja dan perbanyak buah dan sayur.