Tips Sehat Selama Ramadhan

Tips Sehat Selama Ramadhan
Tips Sehat Selama Ramadhan

DUNIAMEDIKA.COM – Selain beribadah, tidak sedikit orang yang berpuasa untuk melakukan diet. Apalagi bagi Anda yang memiliki masalah berat badan. Ada juga sebagian yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Namun, biasanya orang justru gagal menjalani program diet karena banyak menu makanan selama Ramadhan.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal, maka sebaiknya Anda mengatur pola makan. Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini tips sehat selama ramadhan.

Saat Buka Puasa

Saat Anda berbuka puasa, jangan langsung makan berat. Tujuannya untuk menghindari rasa tidak nyaman di lambung atau begah. Maka dari itu, dahulukan minum air putih dan makan buah kurma. Perlu Anda ketahui bahwa, mengkonsumsi makanan manis ketika perut dalam keadaan kosong bisa menyebabkan penimbunan lemak di tubuh. Selain itu, hindari juga minuman bersoda. Karena minuman ini dapat mengurangi nafsu makan.

Saat Makan Malam

Setelah Maghrib, barulah Anda bisa mengkonsumsi makanan berat. Konsumsilah yang kaya akan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Karbohidrat bermanfaat untuk mengembalikan tenaga kita selama berpuasa. Sedangkan protein menjaga massa otot tetap stabil.

Saat Sahur

Ketika sahur konsumsilah makanan yang mengandung serat dan protein. Seperti gandum, buah, dan sayuran yang dapat menjaga perut kenyang lebih lama.