Mengenal Lebih Dekat Selulitis

Mengenal Lebih Dekat Selulitis
Mengenal Lebih Dekat Selulitis

DUNIAMEDIKA.COM – Selulitis dikarenakan terjadinya infeksi pada lapisan dalam kulit (dermis). Pada umumnya semua bagian tubuh dapat terserang selulitis, terutama pada kaki.

Akibatnya kaki akan membengkak disertai dengan warna kemerahan atau keunguan. Hal ini sebenarnya terjadi karena terdapat luka goresan di bagian kulit sehingga memungkinkan bakteri untuk menginfeksi. Selain itu, bisa juga seperti adanya luka terbuka.

Selulitis dapat dialami siapa saja dan yang cenderung terkena adalah atlet, kelebihan berat badan, memiliki sistem kekebalan tubuh menurun dan diabetes. Tidak menutup kemungkinan juga terjadi pembengkakan di kaki karena hamil, memiliki kulit digigit serangga.

Ciri-ciri selulitis adalah bagian kulit yang terinfeksi terasa hangat, warna kemerahan dan bengkak. Jika disertai dengan menyebarnya pembengkakan dan kemerahan berarti selulitis makin parah. Selain itu, mengalami demam dan gemetar dalam waktu 24 jam.

Untuk meredakan pembengkakan, gunakan antibiotik agar tidak menyebar ke bagian lain. Jika Anda membiarkan begitu saja, selulitis dapat menjadi parah. Aakan lebih baik jika Anda konsultasikan ke dokter.