Benarkah Kiranti Penyebab Keguguran?

KirantiDUNIAMEDIKA.COM – Benarkah dengan minum Kiranti bisa mengakibatkan keguguran? Ini adalah pertanyaan yang masih sering diperdebatkan saat ini.

Pasalnya, sejumlah wanita mengaku mengalami berbagai gangguan pada kehamilan mereka setelah meminum Kiranti Datang Bulan.

Kiranti adalah salah satu produk dari perusahaan Orang Tua (OT) yang kini sudah sangat populer digunakan untuk memperlancar haid. Kiranti adalah produk berbahan herbal dengan beragam kandungan yang berfungsi untuk membantu melancarkan darah haid.

Pada beberapa forum online dan website kesehatan, banyak wanita yang bertanya-tanya seputar Kiranti dan efeknya yang bisa menyebabkan keguguran.

Sebagian malah berpikir jika benar Kiranti bisa menginduksi terjadinya keguguran (aborsi), maka produk ini sebenarnya bisa digunakan untuk memutus rantai kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan di luar nikah.

Dari berbagai literatur yang kami temukan, dijelaskan bahwa produk Kiranti mempunyai komposisi yang terdiri dari bahan – bahan sebagai berikut:

  • Kunyit (Curcumae domesticae rhizoma), bermanfaat mencegah penggumapalan darah, sehingga darah haid menjadi lancar, juga mengurangi perut mulas pada saat haid.
  • Asam Jawa (Tamarindi Pulpa), bermanfaat untuk memberikan rasa segar pada minuman juga banyak mengandung vitamin C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.
  • Kencur (Kaempferiae Rhizoma), bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.
  • Gula Jawa (Arengae Pinnata  Fructose), sebagai pemanis alami dari Kiranti, yang bermanfaat juga untuk melancarkan peredaran darah, menambah darah dan meredakan nyeri.
  • Jahe (Zingiberia Rhizoma), selain menghangatkan badan, bermanfaat juga untuk melancarkan peredaran darah dan meringankan kram perut.
  • Paullinia Cupana, adalah suplemen penting dalam minuman yang di dapat dari ekstrak Panax Ginseng.
  • Kayu manis (Cinnamomi cortex), sebagai pengawet alami, juga mengandung serat, kalsium, zat besi dan mangan yang terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid. Memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon – meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.
  • Air sampai dengan 150 ml.

Nah, dengan kandungan alami seperti di atas, sepertinya sulit untuk setuju bahwa Kiranti bisa menyebabkan keguguran. Karena jelas terlihat bahwa Kiranti sama sekali tidak mengandung bahan-bahan yang bisa menyebabkan keguguran.

Bagaimana menurut Anda?