Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi
Cara Alami Menurunkan Darah Tinggi

DUNIAMEDIKA.COM – Tekanan darah tinggi jika dibiarkan akan membuat penderitanya mengalami stroke, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Untuk itu, bagi penderita darah tinggi sebaiknya selalu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, jangan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu darah tinggi.

Saat ini sudah ada berbagai macam obat untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Namun mengkonsumsi obat-obatan tersebut mempunyai efek samping. Jadi cobalah menggunakan cara alami seperti berikut ini:

Jalan Kaki

Olahraga secara rutin dapat menurunkan tekanan darah 6-8 mmhg. Paling tidak berjalan kaki, agar oksigen ke jantung bisa lebih efisien.

Atur Pernapasan

Agar tekanan darah tetap stabil, cobalah bernapas secara pelan-pelan saja seperti meditasi. Tarik napas dalam-dalam dan hembusan secara perlahan. Lakukan cara ini kurang lebih selama 5 menit setiap harinya.

Makanan Mengandung Kalium

Kalium sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, penderitanya harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalium antara 2.000 s4.000 mg per hari. Kalium bisa didapatkan dari tomat, jeruk, pisang, dan ubi jalar.

Coklat Hitam

Ternyata mengkonsumsi coklat hitam bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Coklat hitam kaya akan flavonoid yang dibutuhkan pembuluh darah sehingga aliran darah tetap lancar.