Hal Yang Wajib Anda Ketahui Saat Membersihkan Lensa Kontak

Hal Yang Wajib Anda Ketahui Saat Membersihkan Lensa Kontak
Hal Yang Wajib Anda Ketahui Saat Membersihkan Lensa Kontak

DUNIAMEDIKA.COM – Sebagian besar orang sudah menggunakan lensa kontak, bahkan sudah menjadi kebiasaan sehari-harinya. Meskipun hampir semuanya belum bisa membersihkan lensa kontak dengan benar. Nah, untuk itu langsung saja Anda simak berikut ini hal-yang wajib Anda ketahui saat membersihkan lensa kontak.

Mencuci Tangan

Sebaiknya terlebih dahulu membersihkan kedua tangan Anda. Selain itu, hindari penggunaan parfum dan tambahan pada sabun karena akan membentuk lapisan-lapisan di tangan sehingga menyebabkan mata iritasi.

Mengeringkan Tangan

Pastikan tangan benar-benar kering sebelum memegang lensa kontak. Sebaiknya gunakan bahan yang lembut seperti tissue.

Perhatikan Kuku Tangan

Mempunyai kuku yang panjang dapat merusak lensa kontak dan mungkin saja akan menimbulkan luka pada mata.

Cuci Lensa Kontak

Lensa kontak akan kotor setelah seharian digunakan, maka dari itu Anda harus membersihkannya setiap kali pakai. Ingat, cuci menggunakan cairan pembersih khusus lensa kontak.

Hindari Air

Pastikan lensa kontak Anda tidak terkena air, karena mikroorganisme yang ada di air dapat menyebabkan merusak jaringan mata. Bahkan, Anda tidak boleh berenang atau mandi saat lensa kontak masih terpakai.

Bersihkan Tempat Lensa

Jangan lupa perhatikan kebersihan tempat lensa kontak Anda. Caranya cuci menggunakan air hangat. Setelah itu, biarkan kering dengan sendirinya.