Cara Tepat Membersihkan Telinga

Cara Tepat Membersihkan Telinga
Cara Tepat Membersihkan Telinga

DUNIAMEDIKA.COM – Telinga merupakan panca indera yang sangat penting dan harus dijaga kebersihannya. Karena saat telinga kotor dapat mengundang berbagai bakteri sehingga memunculkan infeksi-infeksi berbahaya. Hal ini juga bisa berakibat buruk pada kesehatan Anda. Namun yang harus Anda ingat adalah saat proses pembersihannya tidak boleh dilakukan asal-asalan.

Pada umumnya orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Namun sebenarnya cara ini salah karena membuat kotoran telinga masuk lebih ke dalam. Bahkan cara ini bisa melukai gendang telinga. Maka dari itu, lebih baik Anda gunakan baby oil saat membersihkan telinga.

Menggunakan baby oil merupakan cara tepat dan aman untuk membersihkan kotoran telinga. Caranya tuangkan baby oil langsung ke dalam telinga, tunggu selama 2 menit kemudian berbaring miring agar kotoran bisa keluar. Lakukan satu kali seminggu. Tetapi Anda juga harus memastikan baby oil yang digunakan steril.

Perlu Anda ketahui bahwa kotoran telinga bermanfaat untuk menangkap bakteri yang masuk ke dalam telinga. Jadi Anda harus berhati-hati saat melakukan pembersihan.