Faktor Yang Menyebabkan Sembelit

Faktor Yang Menyebabkan Sembelit
Faktor Yang Menyebabkan Sembelit

DUNIAMEDIKA.COM – Ketika Anda sudah berhari-hari tidak BAB, tentu timbul rasa nyeri dibagian perut. Masalah kesehatan yang satu ini jangan Anda biarkan berlaurt-larut karena bisa berakibat fatal. Biasanya orang BAB itu setiap hari.

Namun apakah Anda tahu penyebab sembelit itu apa. Nah untuk mengetahuinya, langsung saja Anda simak berikut ini.

Kurang Minum

Kurang minum adalah salah satu penyebab Anda mengalami sembelit. Normalnya orang dewasa membutuhkan minimal 2,5 liter setiap harinya. Itupun tergantung tingkat aktivitas yang dilakukan seseorang. Air dibutuhkan untuk metabolisme tubuh dan pencernaan.

Kurang Asupan Buah dan Sayur

Faktor yang kedua adalah kurangnya asupan serat pada tubuh. Serat sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan. Untuk mendapatkan serat konsumsilah sayuran dan buah-buahan.

Kurang Olahraga

Melakukan olahraga baik untuk metabolisme tubuh. Anda bisa melakukan olahraga seperti berlari, renang, gym dan lain sebagainya agar metabolisme tubuh tetap stabil.

Mengkonsumsi Makanan Berlemak dan Panas Secara Berlebihan

Mengkonsumsi daging dan buah-buahan seperti durian secara berlebihan bisa membuat Anda mengalami sembelit. Maka dari itu, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi.