Cara Alami Mengobati Pilek Dan Batuk

Cara Alami Mengobati Pilek Dan Batuk
Cara Alami Mengobati Pilek Dan Batuk

DUNIAMEDIKA.COM – Apakah Anda pernah mengalami sakit pilek dan batuk? Ada beberapa faktor yang bisa memicu penyakit ini seperti daya tahan tubuh lemah. Apalagi jika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup di musim pergantian cuaca atau pancaroba.

Mungkin Anda termasuk orang yang sering menggunakan obat-obatan kimia untuk mengobati pilek dan batuk. Namun perlu Anda ketahui bahwa bergantung pada obat-obatan tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut ini;

Air Garam

Anda bisa menggunakan campuran air dan garam. Berkumur dengan larutan ini, paling tidak dua kali dalam sehari. Ramuan ini sangat efektif dalam mengobati pilek dan batuk.

Bawang Putih

Mengkonsumsi satu siung bawang putih mentah ternyata bisa mengobati pilek dan batuk. Hal ini dikarenakan bawang putih kaya akan nutrisi yang berperan sebagai antivirus dan antibiotik. Nutrisi inilah yang dipercaya mampu meringankan dan mengatasi gejala flu penyebab pilek serta batuk. Caranya, haluskan bawang putih kemudian di campur minyak zaitun, lalu Anda gunakan sebagai selai untuk roti sebagai sarapan.

Minum Jeruk Hangat

Kandungan vitamin C pada jeruk bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga efektif untuk mengobati gejala pilek serta batuk. Usahakan Anda mengkonsumsi air jeruk hangat.

Minum Jahe Hangat

Jahe merupakan rempah-rempah kaya akan manfaat. Salah satunya adalah mengobati pilek dan batuk. Minumlah jahe hangat pagi dan malam agar tubuh terasa lebih hangat.