Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mimisan

Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mimisan
Hal Yang Harus Dilakukan Saat Mimisan

DUNIAMEDIKA.COM – Saat kita terlalu memfokuskan diri untuk bekerja, biasanya tubuh akan mengalami drop atau sakit, bahkan ada juga yang sampai mimisan. Tetapi apakah Anda tahu penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Maka dari itu, langsung saja simak berikut ini:

1. Apa penyebab mimisan?

Epsitaksis atau sering disebut merupakan pendarahan yang terjadi dan keluar melalui hidung. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, salah satunya adalah trauma atau benturan. Bagi Anda yang tidak pernah mengalami trauma, berarti dinding pembuluh darah di bagian hidung terlalu tipis dibanding dinding pembuluh darah lainnya.

2. Mimisan yang harus di waspadai

Biasanya, saat terjadi mimisan akan berhenti dengan sendirinya. Jadi, yang harus Anda waspadai adalah mimisan yang mengeluarkan banyak darah dan tidak berhenti.

3. Cara mengatasi mimisan

Ketika mengalami mimisan, sebaiknya Anda segara duduk. Selain itu, hindari tidur terlentang karena aliran darah ke hidung bisa tertelan. Anda juga bisa membungkukkan badan sedikit ke depan dan bernafas melalui mulut untuk sesaat. Cara ini disertai dengan cuping hidung 5 sampai 7 menit.

Ingat, jika mimisan tak kunjung berhenti meskipun menggunakan cara-cara di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.