Mengenal Lebih Dekat Kelenjar Getah Bening

Mengenal Lebih Dekat Kelenjar Getah Bening
Mengenal Lebih Dekat Kelenjar Getah Bening

DUNIAMEDIKA.COM – Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian yang sangat penting pada sistem imun tubuh. Kelenjar getah bening berfungsi sebagai melawan bakteri, infeksi, dan zat-zat berbahaya lainnya. Salah satu penyakit yang membahayakan tubuh adalah kanker kelenjar getah bening. Kanker ini tergolong ganas karena menyerang sistem kekebalan tubuh.

Ciri-ciri umumnya adalah penderita mengalami pembengkakan di bagian leher, ketiak, dan pangkal paha. Penyebab kanker kelenjar getah bening masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun kemungkinan kecilnya disebabkan faktor keturunan, kelainan sistem imun, infeksi virus dan lingkungan.

Untuk pengobatannya harus segera ditangani dengan cara medis, seperti kemoterapi, terapi antibodi monoklonal, terapi radiasi, transplantasi, dan lain sebagainya. Dampak dari pengobatan ini bisa menyebabkan kerontokan pada rambut, mual, muntah, demam, cepat lelah dan penurunan berat badan secara drastis.

Bagi Anda sudah merasakan berbagai gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Tujuannya untuk melakukan pencegahan secara dini.