6 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Kesehatan Jantung

DUNIAMEDIKA.COM – Jantung adalah organ yang paling penting dalam tubuh manusia, jantung ini merupakan sel otot polos yang kerjanya diluar dari perintah otak, ukurannya lebeih besar kepalan tangan anak-anak.

Jantung adalah otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium yang terletak di dalam rongga thoracic yang berada di balik tulang dada atau sternum.

6 Kebiasaan Yang Buruk Untuk Kesehatan Jantung

Jantung bertanggung jawab untuk memompa dara keseluruh tubuh dan akan menyalurkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar dapat berjalan dengan baik.

Jika jantung berfungsi dengan benar maka seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam darah dapat tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Ada banyak hal atau kebiasaan buruk manusaia yang kurang sehat yang mengakibatkan terganggunya kesehatan jantung. Kebiasaan buruk ini biasanya tidak pernah kita sadari sampai semuanya terlambat dan akhirnya terseranglah penyakit jantung.

Nah, apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut? Berikut adalah ulasannya:

Merokok

Kebiasaan inilah yang sering sekali banyak orang lakukan, hingga tanpa mereka sadari bahwa Kebiasaan merokok inilah yang membuat jantung mereka itu semakin rusak. Berdasarkan penelitian, merokok itu menyumbang 30% sebagai penyebab terjadinya kematian yang dikarenakan oleh penyakit jantung.

Zat aditif dan racun-racun lain yang terkadung dalam rokok merupakan faktor yang menyebabkan terserangnya penyakit jantung. Tidak hanya penyakit jantung saja rokok juga berpotensi besar menyebabkan tersrangnya berbagai macam penyakit seperti penyakit kanker, paru-paru dan lain sebagainya.

Mengkonsumsi Alkohol

Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dalam waktu yang jarang atau tidak terlalu berdampak pada kesehatan jantung, seperti halnya meminum minuman anggur yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun jika kita memiliki kebiasaan minum-minuman beralkohol secara rutin dan terus menerus dengan porsi yang banyak itulah yang akan membahayakan jantung kita.

Alkohol memiliki efek buruk bagi kesehata jantung bila dikonsumsi dalam jangka watuk yang panjang. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol secara berlebih maka akan timbul suatu penyaikt yaitu penyakit jantung dan meningkatkan resiko darah tinggi atau hipertensi.

Kurang Olahraga

Kesibukan adalah salah satu faktor yang membuat kita menjadi jarang berolahraga. Kurangnya olahraga dapat membuat kondisi tubuh kita menjadi kurang fit dan dapat membuat kita menjadi rentan gemuk.

Dengan semakin lemahnya tubuh kita serta menumpuknya lemak dalam tubuh dapat menjadi salah satu penyebab terserangnya penyakit jantung.

Maka dari itu, luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan olahraga agar tubuh bergerak dan melatih jantung agar tetap sehat.

Terlalu Banyak Garam

Terlalu banyak dari kita yang menyukai makanan yang terdapat rasa asin dengan menambahkan garam dimakanannya. Garam adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan darah tinggi, dan darah tinggi ini adalah salah satu faktor terjadinya penyakit jantung.

Maka, mulailah dari sekarang untuk mengurangi kadar garam dalam makanan anda untuk menjaga tekanan darah serta kesehatan jantung anda.

Kurang Tidur

Dengan kebiasaan kurang tidur ini dapat menyebabkan hormon tubuh menjadi tidak seimbang, dikarenakan hormon tidak seimbang, hal ini dapat menyebabkan meningkatnya hormon stress dan bisa berdampak pada kesehatan jantung. Tidur sehat untuk orang dewasa itu berkisar kurang lebih 7 sampai 8 jam dalam sehari.

Depresi atau Stress Berkepanjangan

Stress atau depresi ini adalah salah satu faktor yang sangat berperan dalam suatu kesehatam manusia. Dengan adanya stress atau depresi yang berkepanjangan ini dapat membuat tubuh kita menjadi lemah dan salah satu bagian yang akan diserang adalah jantung.

***

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang banyak yang secara tidak langsung telah menjadi pencetus terjadinya penyakit jantung.

Masih banyak sekali kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dengan tanpa kita sadari bahwa itu adalah suatu kebiasan yang tidak baik untuk kesehatan jantung.

Karena itu, mulai saat ini ayo jaga kesehatan jantung Anda. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat!