Cara Mengatasi Tenggorokan yang Gatal

Cara Mengatasi Tenggorokan yang Gatal
Cara Mengatasi Tenggorokan yang Gatal

DUNIAMEDIKA.COM – Tenggorokan gatal memang bukan penyakit berbahaya, namun cukup membuat kita tersiksa. Penyebab penyakit ialah alergi terhadap sesuatu, seperti asap rokok, polusi dan gejala flu atau batuk. Nah untuk mengatasi bisa dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dijual di apotik. Namun sebaiknya, Anda menggunakan obat alami agar tidak memiliki efek samping bagi tubuh Anda.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini cara mengatasi tenggorokan yang gatal;

Madu

Madu banyak memberikan manfaat bagi tubuh kita, termasuk menjaga kesehatan. Caranya dengan membuat jus lemon dan tambahkan sedikit madu. Kandungan vitamin C dan anti oksidan pada sangat efektif dalam mengatasi tenggorokan yang gatal.

Minum Air yang Cukup

Mungkin Anda mengalami dehidrasi sehingga memperburuk kondisi tenggorokan. Maka dari itu, Anda perlu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Minumlah air secukupnya untuk meredakan gatal di tenggorokan.

Berkumur

Cobalah untuk berkumur. Tujuannya untuk mengurangi jumlah bakteri pada mulut dan membantu memompa suplai darah. Berkumur dengan larutan air garam sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami tenggorokan yang gatal.

Kurangi Bicara Sejenak

Tenggorokan kering dan gatal dikarenakan Anda berbicara terlalu lama dan kurang minum air. Maka dari itu, Anda harus mengurangi aktivitas berbicara sejenak. Bila perlu minum teh hangat, air putih dan mengkonsumsi permen pelega tenggorokan.