Manfaat Labu Siam Bagi Tubuh

DUNIAMEDIKA.COM – Labu siam atau Sechium edule termasuk salah satu jenis sayur yang paling digemari di Indonesia. Bahkan Suku Aztec dan Meksiko menjadikan sayur ini makan pokok. Hal ini dikarenakan labu siam memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Labu Siam Bagi Tubuh
Manfaat Labu Siam Bagi Tubuh

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini;

Sumber serat

Labu siam memiliki rendah kalori dan rendah kolesterol. Bahkan kandungan seratnya bisa memenuhi kebutuhan harian Anda.

Mengontrol tekanan darah tinggi

Labu siam sangat efektif dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan kadar kalium pada labu siam bisa menetralkan jumlah natrium sehingga membuat Anda terhindar dari hipertensi.

Menjaga kesehatan jantung

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa peningkatan jumlah homosistein dalam darah akan memicu resiko stroke dan penyakit jantung. Sedangkan labu siam kaya akan asam folat atau vitamin B9 yang bisa menyeimbangkan kadar asam amino pada tubuh.

Antioksidan

Labu siam banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, antioksidan ini membantu Anda dalam memperbaiki kerusakan sel akibat radikal bebas.

Baik untuk ibu hamil

Labu siam merupakan sumber vitamin B9 (asam folat) yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Karena kekurangan vitamin B9 selama hamil akan menyebabkan gangguan kesehatan pada kandungan Anda, seperti malformasi ekstremitas, cacat tabung saraf dan masalah jantung.