Dampak Negatif Alkohol Pada Kesehatan Reproduksi

DUNIAMEDIKA.COM – Apakah Anda tahu dampak negatif alkohol pada kesehatan reproduksi? Seperti yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa alkohol bisa mempengaruhi sistem reproduksi pria, dimana kadar testosteron menjadi menurun.

Dampak Negatif Alkohol Pada Kesehatan Reproduksi
Dampak Negatif Alkohol Pada Kesehatan Reproduksi

Selain itu, mengkonsumsi alkohol dalam waktu lama yang bisa menyebabkan penyusutan testis, infertilitas, impotensi dan karakteristik seksual sekunder menurun.

Efek lain yang dapat ditimbulkan dari alkohol pada pria adalah pembesaran payudara, kerontokan rambut dan pergeseran distribusi lemak di bagian pinggul dari perut.

Bahkan alkohol juga akan mempengaruhi kelenjar hipofisis dan hipotalamus sehingga menyebabkan berbagai gangguan fungsi reproduksi dan fungsi seksual pria.

Apa efeknya pada wanita?

Minum alkohol secara berlebihan tentu menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi wanita.

Hal ini diperjelas dari West Virginia University menyatakan bahwa siklus menstruasi menjadi terganggu dan kegagalan ovulasi merupakan dua penyebab dari alkohol.

Efek lainnya adalah peningkatan resiko menopause dini dan kanker payudara.

Sedangkan dari beberapa sumber kesehatan bahwa wanita yang mengkonsumsi alkohol saat trimester kehamilan bisa menyebabkan gangguan pada jantung, sistem saraf pusat dan fitur wajah.