Kenali 4 Tipe Sakit Kepala

Hampir setiap orang pernah merasakan nyeri atau sakit kepala. Data menunjukkan bahwa 90% populasi manusia pernah mengalami gangguan ini sekali atau dua kali dalam setahun. Sakit kepala juga menjadi alasan terbanyak kedua seseorang untuk mengunjungi dokter. Kenali empat tipe sakit kepala yang sering mengganggu Anda.

1. Gerakan rahang

Tipe sakit kepala yang paling umum, sebenarnya bukan berpusat di kepala Anda, tetapi mulut atau rahang. Sakit kepala bisa dirasakan sepanjang hari, tetapi paling terasa saat pagi hari setelah malam gigi saling menekan.Banyak orang tidak menyadari saat tidur gigi mereka terus bergerak dan saling menekan. Hal inilah yang menimbulkan sakit kepala. “Kebanyakan pasien tidak menyadari bahwa mereka dapat konsultasi ke dokter gigi yang memberikan perawatan oklusi (perubahan hubungan permukaan gigi geligi) untuk mengobati sakit kepala,” kata Colleen Olitsky, DDS, seorang dokter gigi di New York seperti dikutip dari Womans Day.com

2. Migrain
Pemicu migrain sampai saat ini masih belum jelas. Terkadang sakit kepala sebelah ini disertai muntah, penglihatan yang kabur, dan sensitif terhadap cahaya. Pasien yang sering terkena migrain dianjurkan untuk melakukan perawatan seperti akupuntur, mempraktekkan teknik relaksasi (meditasi, napas perlahan, atau yoga). Anda juga bisa mengonsumsi vitamin B12 dan suplemen magnesium.

3. Akibat konsumsi obat berlebihan
Anda minum obat untuk menghilangkan sakit kepala, bukan memperparahnya. Para ahli kesehatan pernah memperingatkan tentang jenis baru sakit kepala yang makin umum, terutama di kalangan orang-orang yang mengalami sakit kepala parah yang disebut Medication Overuse Headaches (MOH). Hal itu terjadi jika Anda minum obat untuk sakit kepala tetapi justru muncul kembali sakit kepala dan lebih parah.

4. Sinus
Baik disebabkan oleh infeksi sinus atau alergi musiman, sakit kepala sinus sering dianggap memiliki rasa sakit yang paling dalam terutama di bagian dahi, tulang pipi, atau tulang hidung. Sakit kepala sinus biasanya makin terasa jika ada gerakan kepala secara tiba-tiba (seperti membungkuk untuk mengambil sesuatu dari tanah), ketika itu terjadi pergeseran lendir dan tekanan dalam rongga sinus Anda.

Untuk mengatasi hal ini biasanya dokter memberikan dekongestan atau antihistamin untuk memerangi gejala sakit kepala.