Porsi Tepat Untuk Nutrisi Tubuh

DUNIAMEDIKA.COM – Bagi Anda yang menginginkan tubuh sehat, tentu harus memenuhi nutrisi harian. Caranya dengan mengkonsumsi makanan sehat, seperti kaya akan protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat.

Porsi Tepat Untuk Nutrisi Tubuh
Porsi Tepat Untuk Nutrisi Tubuh

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan yang menjelaskan bahwa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan obesitas dan menyebabkan berbagai penyakit. Maka dari itu, Anda perlu lebih teliti dalam menetapkan porsi makanan yang tepat untuk tubuh. Seperti halnya berikut ini;

Karbohidrat

Karbohidrat akan diolah tubuh menjadi energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Umumnya orang dewasa membutuhkan 1200-2000 kalori atau sekitar 45%-60%.

Angka Indeks Glikemik (IG) digunakan untuk menghitung kadar gula dalam darah. Jika angka IG pada makanan tinggi, otomatis gula darah lebih cepat meningkat. Maka dari itu, pilihlah karbohidrat yang rendah IG seperti gandum dan beras merah.

Protein

Protein bermanfaat untuk pertumbuhan regenerasi sel, hormon dan lain sebagainya. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan protein dapat mempengaruhi pertumbuhan dan menjadikan tulang keropos.

Hewan dan tumbuh-tumbuhan merupakan sumber protein. Maka dari itu, hindari memasak dengan suhu tinggi atau menggunakan minyak terlalu banyak karena akan mengurangi kadar protein.

Lemak

Lemak juga sangat dibutuhkan oleh tubuh karena bisa dijadikan sebagai cadangan energi dan melindungi organ tubuh lainnya. Selain itu, lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, K dalam tubuh. Maka dari itu, kebutuhan lemak Anda hanya sekitar 20%-30% dari total kebutuhan kalori.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan pendukung dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah proses pembentukan energi. Untuk mendapatkan vitamin dan mineral cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Jadi sebaiknya Anda mengkonsumsi 5-9 buah dalam sehari.

Serat

Serat berfungsi menjaga saluran pencernaan Anda. Cukup dengan mengkonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan dan serelia. Buah memiliki serat 4-10 gram dan sayuran 2-5 gram setiap 100 gramnya.