Penyakit Yang Timbul Akibat Tidak Imunisasi

DUNIAMEDIKA.COM – Pemberian imunisasi pada si kecil sangatlah penting. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Imunisasi ini diberikan secara berkala dan berbeda-beda.

Penyakit Yang Timbul Akibat Tidak Imunisasi
Penyakit Yang Timbul Akibat Tidak Imunisasi

Namun saat ini, masih banyak para orang tua yang tidak memberikan imunisasi pada anaknya. Ingat, anak yang tidak mendapatkan imunisasi akan mudah terkena berbagai penyakit.

Nah berikut ini beberapa penyakit yang timbul akibat tidak imunisasi;

Resiko Penyakit Polio

Imunisasi polio dapat diberikan saat masih bayi. Jika tidak diberikan maka akan mengalami penyakit polio dengan gejala kelumpuhan.

Penyakit TBC

BCG bermanfaat untuk mencegah penyakit TBC. Penyakit TBC termasuk salah satu penyakit yang mematikan. Maka dari itu, pastikan si kecil melakukan imunisasi jenis ini agar terhindar dari penyakit TBC.

Tetanus

Tetanus ini juga salah satu penyakit berbahaya dan dapat mengancam kesehatan si kecil, jika tidak diberikan imunisasi yaitu penyakit tetanus.

Hepatitis

Penyakit hepatitis disebabkan oleh kanker hati. Untuk itu, imunisasi HB tidak boleh dilewatkan oleh si kecil. Imunisasi ini diberikan secara bertahap dari sejak lahir sampai usia tiga bulan.

Radang Selaput Otak

Penyakit meningitis atau radang selaput otak akan menunggu si kecil jika tidak diberikan imunisasi sejak kecil. Bahkan dilansir dari beberapa sumber kesehatan yang menjelaskan bahwa ada beberapa yang mengalami meningitis di usia anak-anak.

Lebih Mudah Terserang Flu

Imunisasi bertujuan untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dalam hal ini anak akan terhindar dari infeksi virus seperti influenza.