Mengenal Bahaya Gula Bagi Kesehatan Tubuh

DUNIAMEDIKA.COM – Gula merupakan bahan makanan yang disukai setiap orang baik itu tua maupun anak-anak. Namun dibalik rasanya yang manis, banyak menyimpan gangguan kesehatan.

Mengenal Bahaya Gula Bagi Kesehatan Tubuh
Mengenal Bahaya Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Maka dari itu, Anda harus membatasi konsumsi gula agar kesehatan tetap terjaga. Nah berikut ini beberapa penyakit yang disebabkan konsumsi gula secara berlebihan.

Menurunkan Sistem Imun

Bahaya gula yang pertama adalah menurunkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan Anda akan mengalami kenaikan berat badan tak terkontrol. Dengan begitu, tubuh Anda dengan cepat terserang berbagai bakteri.

Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat menurunkan kolesterol dalam darah. Secara otomatis lemak pada jantung akan menumpuk.

Diabetes Tipe 2

Kadar gula yang terlalu tinggi pada darah bisa mengganggu kinerja hormone insulin. Hal inilah yang menyebabkan Anda mudah terkena diabetes tipe 2.

Membahayakan Organ Hati

Kandungan glukosa dan fruktosa akan berubah menjadi racun untuk organ hati. Jika kadarnya terlalu tinggi, tentunya bisa menyebabkan kerusakan hati.

Resiko Kanker

Saat sistem imun Anda menurun, maka resiko munculnya kanker semakin besar. Sel-sel kanker akan cepat tumbuh, jika Anda mengkonsumsi gula secara berlebihan.