Buah Buahan Yang Dapat Memperbanyak Darah Haid Keluar

DUNIAMEDIKA.COM – Secara normalnya wanita akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Namun terkadang haid juga dapat mengalami masalah seperti tidak lancar, baik siklusnya yang tidak teratur, nyeri haid, atau darah yang keluar terlau sedikit atau mungkin terlalu banyak. Jika masalah haid ini terjadi apa yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya?

buah-buahan-yang-dapat-memperbanyak-darah-haid-keluarDisini kami akan membahas masalah darah haid yang keluar tidak lancar atau tidak normal. Haid yang tidak lancar secara umum terjadi akibat kadar hormon estrogen dan progestron perempuan yang tidak seimbang. Jumlah normal darah haid itu berkisar 40 ml dalam sehari atau sekitar 3-4 kali ganti pembalut pada hari pertama sampai hari ketiga yang makin lama makin sedikit. Untuk mengetahui apakah jumlah darah haid Anda yang keluar adalah normal atau tidak maka pemeriksaan fisik akan diperlukan.

Beberapa penyebab keluarnya darah haid menjadi sedikit (hipomenore) adalah :

  • Kelainan bawaan dari lahir yaitu hipoplasia rahim.
  • Gangguan keseimbangan hormonal.
  • Stress psikis dan fisik.
  • Kista / Tumor pada rahim.
  • Kurang tidur/ Kelelahan.
  • Penggunaan IUD
  • dll.

Selain darha haid yang tidak lancar disebabkan oleh program diet yang Anda lakukan oleh karena itu untuk memperlancar haid penting untuk dapat memenuhi asupan gizi, nutrisi dan vitamin yang cukup dibutuhkan oleh tubuh ditambah mengonsumsi bahan-bahan makanan di bawah ini:

Makanan Asam: makanan asam yang disarakan disini adalah asam jawa, baik berupa minuman atau permen, selaini itu asam jawa juga dikenal dapat membantu mengencerkan darah haid yang menggumpal sehingga menjadi lancar.

Buah-buahan: Jika menstruasi anda telat disarankan untuk memperbanyak mengonsumi buah – buahan segar. Sebagai contoh nanas dan pepaya yang bisa memiliki kandungan yang dapat merelaksasikan otot sehingga bisa membantu memperlancar pengeluaran darah haid.

Sayuran hijau: Sayuran hijau di dalamnya banyak terkandung nutrisi dan vitamin serta zat besi yang dapat membantu melancarkan siklus haid.

Kacang kacangan: Kacang – kacangan di dalamnya banyak terkandung lemak baik dan omega 3 yang juga dapat membantu melancarkan haid.

Jika menstruasi Anda tetap sedikit maka segera hubungi dokter kandungan untuk memeriksakan diri secara seksama dan melakukan tes medis jika dianggap perlu untuk memperbaiki kondisi Anda.