Manfaat Mengkonsumsi Wortel Rebus Setiap Hari

DUNIAMEDIKA.COM – Nama wortel (Daucus carota) tidak lagi terasa asing di telinga karena sudah menjadi salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang menjadikan wortel sebagai pelengkap bahan makanan yang dicampurkan dalam sayuran sehingga tidak sedikit juga bahan makanan yang terdapat wortel di dalamnya.

manfaat-mengkonsumsi-wortel-rebus-setiap-hariWortel sangat dikenal dengan kandungan vitamin A didalamnya. Selain itu masih banyak lagi manfaat lain dari wortel. Olehnya kami sarankan untuk mengkonsumsi wortel tiap harinya apakah itu dibuat sebagai jus wortel atau sekedar merebusnya tiap hari untuk sebagai campuran saat Anda makan.

Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi wortel secara langsung tanpa dimasak terlebih dahulu apakah itu dibuat jus atau yang lain. Anggapan kebanyakan orang jika wortel langsung saja di makan atau dibuat jus maka kandungan nutrisinya terutama antioksidan yang berguna mencegah penyakit kronis seperti, kanker Alzheimer , dan iritasi lambung tetap utuh dan tidak rusak.

Namun, anggapan tersebut, menurut tim ilmuwan Universitas Arkansas, Amerika Serikat, kurang tepat. Pemasakan wortel tidak mengurangi kadar nutrisi. Sebaliknya, “Perebusan justru meningkatkan kandungan antioksidan,” kata Luke Howard, komandan tim riset itu dan profesor ilmu nutrisi dari Universitas Arkansas.

Penelitian tim Howard, yang dimuat Journal of Agricultural and Food Chemistry edisi terbaru, berlangsung empat pekan. Howard mengukur kandungan asam fenolat dan beta karoten dalam wortel rebus dan mentah. Kesimpulannya, antioksidan naik 3-4,3 persen setelah perebusan dan terus meningkat setelah sepekan disimpan dalam lemari es. Pada minggu kedua samapi keempat, kadar antioksidan menurun tapi tidak samapi kembali ketingkat awal saat wortel masih mentah. Dengan demikian,”Daya lindung wortel rebus terhadap kerusakan tubuh lebih bagus dibandingkan dengan wortel mentah,”kata Howard.

Menurut sumber lain jika Anda memasak wortel sebaiknya jangan dipotong-potong sebaiknya  langsung dimasak dengan bentuk yang utuh. Alasannya diutarakn oleh seorang peneliti utama riset ini, Dr. Kirsten Brandt dari Universitas Newcastle, Inggris dibawah ini.

“Mengiris wortel sebelum perebusan membuat permukaan wortel semakin luas. Akibatnya zat gizi yang terlarut dalam air rebusan juga semakin banyak”, jelas Dr. Kirsten Brandt.

Keuntungan yang diperoleh berupa zat antikanker bernama falcarinol. Zat ini ternyata lebih banyak ditemukan pada wortel yang direbus tanpa memotongnya terlebih dulu. Perbedaannya cukup signifikan, sekitar 25 persen dibandingkan wortel yang diiris sebelum direbus.

Tindakan merebus wortel tanpa mengirisnya lebih dulu tidak hanya membuatnya lebih unggul dalam kandungan gizi tetapi juga dalam soal rasa. Ini dibuktikan dengan uji organoleptik pada 100 orang panelis, yaitu orang yang terlatih dalam membedakan cita rasa makanan.  Jadi jika kebiasaan Anda mengiris wortel tiap harinya untuk masakan sebaiknya ditinggalkan dan juga lupa untuk mengkonsumsi wortel rebus tiap harinya.

Lebih jelasnya berikut manfaat wortel yang kami simpulkan dari beberapa sumber:

  • Menjaga kesehatan mata
  • Mengurangi risiko kanker
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Detoksifikasi hati
  • Baik untuk kehamilan
  • Baik untuk diet berat badan

Demikian manfaat mengkonsumsi wortel rebus setiap hari semoga bermanfaat.