Aktivitas yang Boleh dan Tidak Pasca Operasi Katarak

DUNIAMEDIKA.COM – Seseorang mengalami masalah penyakit katarak, salah satu jalan untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan operasi katarak. Setelah proses operasi Anda akan disarankan untuk rawat inap di rumah sakit.

Aktivitas yang Boleh dan Tidak Pasca Operasi KatarakUntuk perawatan pasca operasi, biasanya Anda membutuhkan waktu kurang lebih sebulan kedepan dengan diberikan beberapa obat dan resep dari rumah sakit Anda. Jika Anda sedang ke luar rumah, pastikan Anda mempunyai akses terhadap fasilitas kebersihan tangan sehingga Anda bisa mencuci tangan sebelum meneteskan obat tetes mata yang disberikan oleh dokter.

Setelah operasi katarak tidak semua sesuatu dapat Anda lakukan ada beberapa hal yang harus Anda hindari seperti melakukan hal-hal yang dapat membuat Anda terjatuh yang dapat melukai kepala atau mata Anda, apalagi jika mata Anda yang dioperasi masih dibalut perban dan mata satunya tidak dapat melihat dengan jelas.

Selain itu, sebaiknya Anda menghindari untuk memegang atau mengosok mata Anda begitu juga dengan air sabun atau debu agar tidak masuk ke dalam mata anda. Jangan juga melakukan aktifitas berenang, berendam di kolam air panas, mengunjungi spa atau sauna. Hal ini disebabkan pada mata Anda masih ada luka kecilnya, dan Anda mesti mencegahnya agar mata Anda tidak terkontaminasi.

Obat-Obatan Dan Pola Makan Pasca Operasi Katarak

Pada beberapa hari pertama, bersihkan mata yang dioperasi menggunakann cairan pembersih mata steril dan bola kapas yang telah diberikan pihak rumah sakit kepada Anda. Setelah itu gunakanlah kain kasa bersih dan air masak untuk membersihkan mata Anda tersebut agar terasa lebih segar dan nyaman.

Penggunakan obat tetes mata dan obat-obatan yang telah diresepkan dokter sangat-sangat dianjurkan sekali untuk dipakai sehingga habis, bahkan jika Anda merasa bahwa mata Anda telah dalam keadaan baik-baik saja pun juga masih harus menggunakan obat tetes dan obat yang telah diresepkan tersebut. Jangan teteskan apapun ke dalam mata Anda selain tetes mata yang telah diresepkan dokter. Selalu cuci tangan Anda sebelum menggunakan tetes mata tersebut.

Simpanlah obat tetes mata dan obat-obatan tersebut sesuai dengan petunjuk yang ada. Jangan simpan obat melebihi petunjuk waktu karena obat mungkin saja mengalami kontaminasi.

Kocoklah botol obat tetes mata tersebut sebelum Anda gunakan. Dongakan kepala Anda ke atas, mata terbuka dan tarik kelopak mata Anda ke bawah. Gunakan satu tetes ke dalam mata, hindari mata kontak dengan bulunya. Untuk meneteskan tetesan selanjutnya maka tunggulah masa 5 menit selanjutnya.

Adapun mengenai makanan, Anda diperbolehkan makan seperti hari-hari biasa. Tidak ada larangan makanan apapun sesudah operasi katarak. Pola makan yang biasa dapat Anda terus lanjutkan.

Apakah setelah melakukan operasi katarak pasien masih mesti datang lagi ke dokter?

Sehari setelah operasi katarak berhasil, biasanya Anda diminta untuk datang kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan ulang. Janji ketemu selanjutnya biasanya adalah seminggu dan sebulan setelah operasi. Datangi semua janji tersebut, walaupun disaat itu Anda merasa telah sehat dan mampu melihat dengan baik.

Hal-hal apakah yang mengharuskan pasien menghubungi dokter?

Jika terjadi hal-hal berikut, Anda jangan ragu-ragu untuk menghubungi dokter. Hal-hal tersebut adalah:

  • Nyeri pada mata yang tidak teratasi oleh obat-obatan dan tetes mata.
  • Mata mengalami penglihatan memburuk mendadak.
  • Keluar cairan mata berlebih dari mata yang di operasi.
  • Timbulnya bayangan atau kilatan secara tiba-tiba.