Berbagai Manfaat Mandi Uap

Cobalah mandi uap atau hot shower. Cara ini bisa membantu mengusir flu, meredakan rasa sakit serta mengatasi kulit kering.

Redakan flu

Flu mengganggu? Cobalah melonggarkan hidung tersumbat dengan menghirup uap shower selama 15 menit. Saran Stacey Tutt Gray MD dari Massachusetts Eye and Ear Infirmary berikut bisa panduan Anda: Tutuplah pintu kamar mandi dan biarkan uap dari shower panas terkumpul. Cara ini bisa melonggarkan mucus dan membuat Anda bernapas lebih mudah. Tutup tirai dan tambahkan minyak esensial kayu putih untuk meredakan peradangan. Menarik napas di tengah-tengah uap juga bisa meredakan batuk dan mampat atau sesak di dada.

Redakan nyeri dan rasa sakit

Menghabiskan waktu 15 menit untuk mandi uap, baik dari hot shower atau dari ruang sauna di gym, terang Michele Olson, PhD dari Auburn University at Montgomery di Alabama, bisa meningkatkan aliran darah. Hal ini selanjutnya akan meringankan persendian yang kaku, merilekskan otot-otot yang nyeri, serta membuat Anda merasa tenang dan nyaman. Tapi jika Anda memiliki gangguan jantung, ada baiknya menghindari ruang sauna. Pasalnya, panas bisa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Atasi kulit kering
Kulit kering? Anda tidak memerlukan perawatan pelembab mahal dari sebuah spa. Cukup berikan muka Anda mandi uap sebelum mengoleskan pelembab yang biasa Anda gunakan. Cobalah menuangkan air panas ke dalam sebuah mangkuk besar, letakkan handuk di kepala dan bungkukkan wajah mendekati mangkuk. Kehangatan dan kelembaban, terang Robin Ashinoff MD dari Hackensack University Medical Center di New Jersey, akan membuka pori-pori sehingga bisa menyerap pelembab dengan lebih baik.