Tips Bagi yang Sedang Berdiet

DUNIAMEDIKA.COM – Kerap kali ketika menjalani diet kita lemah terhadap godaan makanan manis seperti coklat, es krim, kue, dan lainnya. Di sini kita tidak akan membicarakan tentang bagaimana kita membodohi diri sendiri dengan menganggap wortel kecil adalah sebatang coklat, tapi lebih kepada hal-hal nyata yang bisa dilakukan.

Tips Bagi yang Sedang Berdiet
Tips Bagi yang Sedang Berdiet

Elizabeth Somer, MA, RD, penulis buku 10 Habits That Mess Up a Woman’s Diet memberikan salah satu nasehatnya, yaitu “Dump the fat-free desserts.” (Tinggalkan Pencuci Mulut yang Bebas Lemak.”

Spmer meneyebutkan bahwasanya sebagian besar makanan pencuci mulut bebas lemak memiliki tingkat kalori yang sama dengan makanan pencuci mulut lainnya yang bukan bebas lemak. Bahkan jika pencuci mulut tersebut memiliki kalori yang rendah, Anda juga tidak diijinkan untuk memakannya dalam porsi yang besar.

Berikut ini adalah tips-tips bagi Anda yang sedang berdiet agar tetap dapat menikmati coklat, karamel, dan makanan manis lainnya di hari kasih sayang dengan orang terkasih.

  1. Jika coklat yang Anda inginkan, maka coklatlah yang akan Anda makan. Caranya, potong kecil-kecil buah yang Anda suka, contoh yang paling bagus adalah stroberi, pisang, nanas, ataupun melon. Lalu celupkan potongan tersebut ke dalam sirup coklat sebelum Anda memakannya, hal ini akan membantu Anda untuk menjaga kalori yang dihasilkannya. Ingat, kalori coklat yang didapat dari Anda mencelupkan ke dalam sirup coklat berbeda dengan kalori yang Anda dapat jika Anda menuangkannya di atas buah. Dengan mencelupkan buah ke dalam sirup coklat, Anda akan mendapatkan rasa coklat yang Anda inginkan dengan nilai gizi dari buah.
  2. Jika Anda ingin merasakan suatu dessert yang lembut, yogurt plain yang dicampur dengan madu dan buah dapat menjadi salah satu trik diet Anda, begitu juga yang dapat Anda lakukan dengan sewadah kecil puding.
  3. Jika es krim yang Anda inginkan, lewati kontainer es krim yang mempunyai fasilitas dapat mengambil es krim sepuasnya, dan belilah es krim yang sudah memiliki porsi tersendiri, dalam porsi kecil tentunya, lebih baik lagi jika Anda membeli sebatang es krim saja. Anda akan lebih mudah untuk membatasi porsi Anda jika es krim tersebut sudah datang satu porsi. Anda juga dapat mencoba es krim buah buatan sendiri dengan mencampur pisang dengan stroberi, dinginkan ke dalam lemari es dan Anda telah dapat memakannya seperti memakan es krim.

Banyak ahli gizi setuju bahwa ketika mengonsumsi makanan manis, bukanlah tergantung dari apa yang benar-benar Anda makan, tetapi berapa banyak dan berapa sering Anda memakannya.

Ukuran porsi adalah hal yang penting. Boleh-boleh saja Anda mengonsumsi makanan kesukaan Anda, tapi cobalah untuk memperkecil porsi yang Anda makan. Dengan begitu, Anda tetap bisa merasakan makanan yang diinginkan tetapi masih dapat membatasi kalori yang Anda hasilkan.