Tips untuk Mencegah Penyakit Flu

Flu biasa dikatakan penyakit menular yang paling umum pada manusia. Para dewasa rata-rata mendapat infeksi flu biasa dua sampai empat kali setahun sedangkan rata-rata anak bisa sakit enam sampai dua belas kali setahun. Jadi ia datang sebagai tidak mengherankan bahwa pilek umum adalah alasan paling umum bahwa anak-anak kehilangan sekolah dan orang tua kehilangan pekerjaan.

Sebuah virus dingin terutama menyebar melalui tetesan udara kecil yang dilepaskan ketika orang-orang yang tertular batuk pilek, bersin, atau pukulan hidung mereka. Hal ini umum untuk menangkap dingin juga jika Anda menyentuh mata, mulut atau hidung setelah menyentuh permukaan terkontaminasi seperti pegangan pintu. Adalah baik untuk diingat meskipun, bahwa paparan virus tidak berarti bahwa seseorang terkena pasti akan menangkap dingin.

Salah satu langkah pencegahan paling mudah dan paling efektif untuk menghindari penyakit umum menular dingin dan lainnya seperti flu adalah untuk menerapkan kesehatan yang baik. Berikut adalah beberapa panduan sederhana untuk diingat.

1. Ingatlah untuk mencuci tangan, sering. Mencuci tangan tidak hanya akan melindungi Anda dari paparan virus tetapi juga mencegah Anda dari menyebarkan kuman. Cuci tangan Anda dengan air hangat dan sabun minimal 15 detik. Ingat bahwa sekitar 90% dari kuman berada di bawah kuku. Oleh karena itu penting untuk mendapatkan sabun dan air bawah kuku jari juga. Cara sederhana untuk mengurus ini adalah untuk mencelupkan kuku jari Anda ke dalam bak berisi sabun krim sehingga sabun yang mendapat sekitar kutikula dan di bawah kuku jari. Setelah menyabuni gunakan sikat lembut untuk menggosok bawah kuku, lalu gosokkan sabun ke seluruh tangan Anda dan cuci dengan air hangat.

2. Jika air dan sabun tidak tersedia untuk mencuci tangan maka dianjurkan untuk menggunakan pembersih tangan beralkohol berbasis. Harap diingat bahwa alkohol pembersih berbasis seharusnya tidak menggantikan sabun dan air dalam penggunaan sehari-hari.

3. Gunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung ketika Anda batuk atau bersin. Jika Anda tidak punya tisu, gunakan lengan atas atau siku anda untuk menutup mulut dan hidung. Ingatlah untuk menempatkan jaringan Anda digunakan dalam keranjang sampah di tempatnya.

4. Selalu mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum dan menggunakan handuk kertas untuk membuka pintu. Hal ini untuk mencegah paparan kuman pada pegangan yang ditinggalkan oleh beberapa orang yang tidak menyeluruh mencuci tangan mereka seperti Anda.

5. Cobalah untuk menjaga tangan Anda dari wajah Anda. Kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan seperti menggigit kuku, memetik hidung atau menyentuh mata kita. Sayangnya kebiasaan ini memberikan tikar menyambut virus ke dalam sistem kami. Melawan kebiasaan ini tidak mudah, tapi hanya dengan sedikit usaha Anda dengan mudah dapat meningkatkan peluang Anda untuk tetap sehat. Dan siapa tahu, mungkin Anda dapat menyingkirkan kebiasaan buruk untuk yang baik.