Makanan yang Bisa Membantu Melawan Nyeri Lutut

Sakit pada bagian lutut bisa mengganggu aktivitas. Anda jadi sulit berjalan, tiba-tiba bad mood, dan yang pasti, tidak bisa memakai high heels kesayangan hingga nyeri itu sembuh. Ugh, memang membuat kesal, tetapi Anda tak perlu cemas lagi. Selain terapi dan mengoles obat pada lutut yang nyeri, tiga makanan ini bisa membantu lawan nyeri lutut dari dalam.

Berikut ada tiga makanan yang bisa membantu melawan nyeri lutut dari dalam:

1. Ikan

Banyak penelitian yang menemukan bahwa ikan dan minyak ikan dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian sendi dan kekakuan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan dapat menahan zat kimia yang dapat menyebabkan peradangan osteoarthritis (penyakit degeneratif tulang rawan sendi dan tulang). Mengonsumsi dua porsi minyak ikan seperti makarel atau salmon dalam satu minggu dapat menjadi asupan yang baik untuk kesehatan sendi Anda. Jika kesulitan mencari ikan tersebut, 1 gram kapsul omega-3 setiap hari juga akan memberi efek yang baik.

2. Kacang Kedelai

Orang-orang yang sering mengalami nyeri pada lutut dan rasa yang kurang nyaman pada sendi tak lagi mengonsumsi obat-obatan setelah mengonsumsi protein dalam kedelai setiap hari selama tiga bulan, berdasarkan sebuah penelitian pada Oklahoma State University. Kedelai kaya akan kandungan isoflavon, sebuah zat dalam tanaman yang bersifat anti-inflamasi (menghilangkan radang).

3. Buah-Buahan Segar

Dalam sebuah penelitian pada 293 orang dewasa di Australia, mengonsumsi buah-buahan segar akan mengurangi risiko berkembangnya luka pada sumsum tulang belakang, hal tersebut bisa memperparah kondisi nyeri pada lurut. Jika Anda merasa tidak nyaman pada bagian lutut dan merasa nyeri, silahkan bersahabat baik dengan buah-buahan segar yang banyak mengandung vitamin C. Kiwi, jeruk, mangga, dan pepaya adalah pilihan buah-buahan yang mudah Anda dapatkan.